Pleno KPU Tabanan, Paslon Jaya-Wira Menang 72,9 Persen

Politik Tabanan
Foto : Pleno KPU Tabanan

TABANAN, Kilasbali.com – Berdasarkan Rapat Pleno Terbuka, Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang digelar KPU Tabanan di Ruang Rapat KPU Tabanan, Rabu (16/12) Paslon Jaya-Wira memperoleh suara 72,9 persen dan Paslon Panji – Budi memperoleh 27,1 persen.

Dimana, pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tabanan nomor urut satu, I Komang Gede Sanjaya dan I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira)  menang atas paslon nomor urut dua AA Ngurah Panji Astika – Dewa Nyoman Budiasa (Panji-Budi)  pada pilkada serentak di Kabupaten Tabanan, Bali, Rabu (9/12/2020).

Ketua KPU Tabanan  I Gede Putu Weda Subawa seusai Rapat Pleno Terbuka mengatakan, Rapat Pleno Terbuka yang dihadiri Ketua Bawaslu, Kedua Saksi Paslon Jata-Wira dan Panji-Budi serta pihak-pihak terkait berjalan dengan lancar.

Baca Juga:  Material Longsor Tutup Halaman Rumah, Warga Lakukan Gotong Royong

“Paslon Jaya-Wira memperoleh suara 72,9 persen dan Panji-Budi 27,1 persen. Sedangkan suara tidak sah sekitar 3 persen,” ujarnya.

Disebutkan dalam Pilkada di masa pandemi Covid-19 kali ini ada peningkatan partisipasi pemilih dibanding pilkada lima tahun yang lalu dalam situasi normal. Kali ini, partisipasi masyarakat sekitar 80.07 persen sedangkan pilkada lima tahun lalu 77 persen .

“Hal ini membuktikan meski di masa pandemi Covid-19, pemilih sudah merasa yakin karena penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat di TPS,” katanya

Baca Juga:  Agung Alit Adiatmika Dukung Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Sementara terkait suara yang tidak sah sekitar 3 persen, menurut Ketua KPU Tabanan tergolong cukup tinggi. Terkait suara tidak sah ini akan dievaluasi. KPU Tabanan akan menggandeng pihak universitas yang memiliki LPP untuk melakukan penelitian. Baik itu terkait penyebab suara tidak sah serta tentang pasrtisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak tahun 2020.

“Dari hasil evaluasi sementara ada beberapa TPS yang tingkat kehadiran pemilih 100 persen. Namun ada juga jumlah pemilih yang tingkat kehadirannya kurang dari 80 persen utamanya TPS yang ada di Kecamatan Baturiti, Penebel dan Pupuan. Untuk mengetahui penyebabnya kita akan adakan penelitian dengan pihak universitas,” paparnya.

Dari hasil Rekapitulasi peroehan suara yang dilaksanakan KPU Tabanan. Paslon Jaya-Wira memperoleh 207.276 suara dengan tingkat prosentase 73,9 persen. Sementara paslon Panji-Budi memperoleh 77.141 suara atau 27,1 persen. Jumlah suara sah tercatat 284.419 suara, sedangkan suara tidak sah 9.132 suara atau sekitar tiga persen. Jumlah suara sah dan tidak sah total sejumlah 293.549 suara.

Baca Juga:  Koster Ajak PKB Bali Dukung Prokes

Perolehan suara paslon Jaya-Wira yang diusung PDIP dalam Pilkada kali ini meningkat dibanding paslon Eka-Jaya  yang diusung PDIP dalam pilkada lima tahun lalu. Saat itu paslon Eka-Jaya memperoleh suara 64,37 persen. Kali ini paslon Jaya-Wira memperoleh suara 72,9 persen. Ada peningkatan perolehan suara sekitar 8,5 persen. (dx/kb)