PLN UID Bali Gandeng Mitra Kerja Sosialisasikan Aplikasi New PLN Mobile

Denpasar Ekonomi Bisnis
Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UID Bali, I Made Suamba

DENPASAR, Kilasbali.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali tak henti – hentinya mengajak pelanggan untuk mengunduh dan memasang aplikasi New PLN Mobile pada ponsel pintarnya. Dalam rapat bersama dengan mitra kerja secara daring, Kamis (22/4/2021), Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UID Bali, I Made Suamba menyampaikan bahwa Aplikasi New PLN Mobile merupakan alat komunikasi yang diciptakan untuk mendekatkan pelanggan kepada PLN. Sehingga sebagai aplikasi baru dibutuhkan pengenalan secara terus menerus kepada pelanggan.

“Mengenalkan hal yang baru kepada pelanggan bukanlah hal yang mudah, untuk itu perlu usaha yang lebih agar masyarakat khususnya pelanggan dapat memahami manfaat dari aplikasi ini,” ungkapnya.

Suamba menekankan pentingnya mengenalkan fitur – fitur aplikasi New PLN Mobile yang mampu memudahkan pelanggan. Pada masa pandemi ini, pihaknya mengupayakan untuk meminimalisir kontak dengan pelanggan, sehingga fitur Swacam untuk melaporkan pemakaian tagihan listrik dapat dimanfaatkan pelanggan.

Baca Juga:  Pengerahan Personel TNI Dukung Operasi Penyekatan di Wilayah Bali

Selain itu, Suamba juga menjelaskan fitur pengaduan juga bisa digunakan pelanggan untuk menyampaikan keluhan.

“Kalau selama ini, pelanggan mengeluhkan besarnya jumlah pulsa yang harus dikeluarkan untuk melakukan pengaduan melalui telpon, sekarang cukup dengan mobile data saja sudah bisa melaporkan gangguan melalui aplikasi ini,” katanya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa pelanggan yang ingin melakukan tambah daya ataupun pasang baru umumnya membutuhkan waktu yang lama mengikuti prosedur yang ditetapkan maka melalui aplikasi New PLN Mobile semuanya menjadi lebih praktis.

“Kami berharap, kelebihan fungsi – fungsi di aplikasi ini yang disampaikan dan dikenalkan secara langsung kepada pelanggan, jika perlu kami lakukan pendampingan secara langsung untuk download dan install aplikasinya,” tambahnya.

Baca Juga:  Update Covid-19 Kota Denpasar, Pasien Sembuh Bertambah 38 Orang, Kasus Positif Bertambah 36 Orang

Ia juga berharap PLN dapat semakin memberikan pelayanan terbaik melalui Aplikasi New PLN Mobile yang telah diluncurkan sejak Desember 2020 lalu.

Manager Revenue Assurance dan Mekanisme Niaga PLN UID Bali, Wayan Budaika pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa saat ini dari total seluruh pelanggan di Bali, baru 109.037 pelanggan yang mengunduh aplikasi PLN Mobile dengan persentase sebesar 7,07% Ini berarti masih banyak potensi pelanggan yang diharapkan dapat mengunduh dan memasang aplikasi.

“Masih banyak pelanggan yang berlum mengetahui dan memanfaatkkan aplikasi terbaru PLN. Ini menjadi tantangan yang coba kami formulasikan melalui berbagai kegiatan baik sosialisasi secara tatap muka dengan pelanggan melalui petugas lapangan maupun melalui stakeholder yang diharapkan dapat membantu PLN untuk menyampaikan kepada masyarakat,” paparnya.

Baca Juga:  Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 53 Orang, Kasus Positif Bertambah 41 Orang

Lebih lanjut Budaika mengatakan pentingnya peran mitra kerja, sehingga menurutnya stimulus seperti kegiatan kompetisi untuk mendongkrak penggunaan PLN mobile juga akan terus diadakan.

“Kami membutuhkan peran aktif tidak hanya pegawai namun juga mitra kerja untuk bersama – sama menyebarkan informasi terkait PLN Mobile kepada masyarakat,” ungkap Budaika.

Terakhir Budaika juga menekankan bahwa dengan menggunakan aplikasi New PLN Mobile, pelanggan akan semakin dekat dengan PLN. Berbagai kebutuhan yang ingin dipenuhi terkait maslaah kelistrikan dapat dengan mudah terselesaikan tanpa perlu datang ke kantor PLN. (m/kb)