Pohon Sakral Kasuwa Gunung Batukau Dicuri

Peristiwa Tabanan
Pohon Sakral Kasuwa Gunung Batukau Dicuri

TABANAN, Kilasbali.com – Pohon sakral kasuwa yang tumbuh di puncak Gunung Batukau ditebang oknum tak bertanggungjawab. Informasi menyebutkan, pohon langka yang disakralkan itu diketahui dicuri untuk diambil kayunya pada Senin (6/9/2021).

Bendesa Wongaya Gede, Jro I Ketut Sucipto saat dikonfirmasi Kilasbali.com sangat menyayangkan pencurian kayu kasuwa di Puncak Gunung Batukau itu.

Menurutnya, pohon ini sangat dilindungi dan disucikan keberadaannya. “Pohon ini sulit tumbuhnya, dan hanya di tempat ketinggian di puncak gunung,” ujarnya, Selasa (7/9/2021).

Baca Juga:  Perbekel Menangis, Warga Desa Penglatan Minta Negara Hadir Turun Tangan

Pihaknya telah melaporkan pencurian itu kepada aparat kepolisian. Namun pihaknya belum mengetahui beberapa pohon yang dicuri oknum yang tak bertanggung jawab.

“Dari desa sudah naik untuk mendata berapa pohon yang ditebang,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Penebel AKP I Nyoman Artadana membenarkan adanya dugaan pencurian tersebut. Namun kasusnya ditangani Polres Tabanan.

“Laporan di Polres. Kemarin kita dari Polsek hanya back up untuk mencari terduga pelaku dan barang bukti. Penanganan lebih lanjut oleh Sat Reskrim Polres Tabanan,” singkatnya. (jus/kb)