Pohon Timpa Truk, Astungkara Sopir Selamat

Gianyar Peristiwa
Foto: Petugas memotong pohon tumbang yang menimpa mobik truk di Simpang Pantai Purnama, Bay Pass IB Mantra Gianyar, Senin (4/1/2021).

GIANYAR, Kilasbali.com – Sebuah truk yang sedang melintas di Jalan Bay Pas Ida Bagus Mantra bernasib apes, Senin (4/1) pagi. Saat melaju di tengah guyuran huan lebat, tiba-tiba pohon perindang menghantamnya. syukurnya, di bawah timbunan pohon, si Pengemudi berhasil selamat dari petaka.

Kejadianya di simpang Pantai Pantai Purnama, Jalan Bypass Ida Bagus Mantra, Banjar Gelumpang, Kecamatan Sukawati Gianyar, sekitar pukul 06.00 WITA, Senin (4/1/2021).

Saat hujan mengguyur, I Komang Ariawan (29) asal Desa Ban, Kubu, Karangasem tetap melanjutkan perjalanannya . Dengan jarak pandang yang terbatas, Komang tidak menyana ada pohon perindang di sepanjang jalan yang tiba-tiba tumbang.

Tak sempat menghindar, pohon mahoni dengan tinggi 15 meter langsung menimpa truk yang yang dikemudikannya.

Sejumlah pengemudi truk yang sedang beristirahat serta warga sekitar pun berupaya melakukan penyelamatan.

Syukurnya, di bawah timbunan bangkai pohon Komang dalam keadaan selamat, meski sempat terjebak tidak bisa keluar dari kemudinya. Sementara truk mengalami sejumlah kerusakan.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, Ngakan Dharma Jati mengatakan bahwa setelah menerima laporan pohon tumbang tersebut, pihaknya langsung menerjunkan anggota ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Unit Reaksi cepat sudah langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Pohon yang tumbang adalah pohon jenis mahoni dengan tinggi 15 meter dengan diameter 60 cm,” ungkapnya.

Dikatakannya, kejadian truk nomor polisi DK 8774 SA yang dikendarai oleh I Komang Ariawan (29) datang dari arah barat menuju ke timur.

“Kondisi cuaca saat itu dalam keadaan hujan lebat serta angin kencang, setibanya di TKP sebelah timur simpang empat purnama tiba-tiba pohon Mahoni penghijauan jalan yang berada di sisi jalan sebelah utara tumbang melintang ke jalan raya dan menimpa kendaraan truk tersebut,” jelasnya.

Akses kendaraan pun sempat tersendat akibat peristiwa. Setelah dilakukan proses evakuasi akhirnya akses kendaraan normal kembali. (ina/kb)