Pohon Tumbang, Jalur Ubud-Tegallalang Sempat Terputus

Gianyar
Foto : Pohon tumbang yang melintang di jalan.

GIANYAR, Kilasbali.com – Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Gianyar dari Minggu malam hingga Senin (18/5/2020) pagi. Akibatnya, sejumlah pohon berukuran besar pun bertumbangan. Petugas BPBD Gianyar pun harus memecah tim untuk mempercepat penanganan, lantaran musibah pohon tumbang terjadi dibeberapa titik.

Dari tiga lokasi yang ditangani, Pohon tumbang di Banjar Payogan, Kedewatan, Ubud mendapat penanganan serius, karena sempat memutus jalur yang menghubungkan Kecamatan Ubud dan Tegallalang.

Sekitar Pukul 08.30 WITA, sebuah pohon Santen besar tiba-tiba roboh di jalan tikungan Banjar Payogan, Kedewatan Ubud, yang merupakan jalan turunan terjal menuju Desa Keliki, Tegallalang.

Baca Juga:  Bagikan Masker Gratis, Yowana Ubud Ingatkan Prokes

Syukurnya, saat peristiwa itu terjadi tidak ada pengendara yang melintas. Namun demikian, tumbangnya pohon yang meneduhi jalan itu menyebabkan posisi tiang listrik dan tiang telepon ikut tertarik, dan mengakibatkan jalan terputus.

Akibatnya, tumpukan kendaraan pun tidak terhindarkan dan beberapa pengendara memilih memutar balik, meski harus menempuh jalan memutar hingga Belasan kilometar.

Tidak hanya di Kedewatan, dari laporan pohon tumbang yang masuk ke BPBD juga terjadi di tempat lain. Sebuah Pohon Beringin tua juga dilaporkan tumbang dan menimpa patung di Pura Dalem Taak Banjar Batur, Desa Pakraman Jero Kuta, Batubulan Sukawati. Sementara itu, Pohon Merak tua juga tumbang menutup badan jalan di Desa Laplapan Ubud.

Baca Juga:  Manis Galungan, Trash Hero Bersihkan Pantai Saba dan Pering

Pelaksana Tugas, Kepala BPBD Gianyar, Ngakan Dharma Jati mengatakan bahwa banyaknya pohon yang tumbang ini mengakibatkan beberapa kerusakan. “Pohon tumbang itu ada yang menimpa patung di pura, kemudian menutupi akses jalan. Tapi tim dari BPBD sudah turun ke lokasi untuk segera membersihkan pohon yang tumbang tersebut,” ujarnya.

Dikatakan Darma Jati bahwa akibat peristiwa ini, tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan. Pohon tumbang ini terjadi, sebutnya, karena angin kencang disertai hujan deras yang mengguyur di beberapa wilayah Kabupaten Gianyar sejak Minggu Malam hingga Senin dini hari. Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat selalu waspada.

“Di saat Hujan Lebat seperti kemarin ini, kami harap masyarakat waspada dan menjauahi area yang banyak terdapat pohon-pohon besar. Terutama masyarakat yang sedang berkendara,” pungkasnya. (ina/kb)