Polisi Berhasil Temukan Turis Belgia yang Tersesat di Hutan Bangli

Bangli Peristiwa
Foto: Dua WNA Belgia yang berhasil diselamatkan.

BANGLI, Kilasbali.com – Petugas kepolisian yang dibantu masyarakat akhirnya berhasil menyelamatkan dua orang wisatawan asing asal Belgia yang hilang dan tersesat di sekitaran hutan perbatasan antara Desa Pinggan dan Desa Blandingan.

Kapolsek Kintamani, Kompol I Made Raka Sugita menjelaskan, pihaknya mendapatkan laporan dari I Ketut Norita bahwa dua warga asing Louise Maeluss B dan Emma Marthe M yang merupakan rekannya tersesat di hutan.

Menurutnya, setelah mendapatkan laporan itu, pihaknya langsung melakukan pencarian hingga ditemukan setelah enam jam, tepatnya pukul 19.30 WITA, Kamis (1/8/2019).

“Kami bersama-sama dengan masyarakat melakulan pencarian selama enam jam dengan menyisir hutan dan berpatokan pada petunjuk Google Maps yang dikirimkan korban,” jelasnya, Jumat (2/8/2019).

Dikatakannya, dari pengakuan dua wisatawan ini, mereka hendak turun dari mendaki Gunung Batur dan kembali ke Tejakula Buleleng dengan menelusuri jalan raya Desa Songan menuju Pinggan dengan menggunakan Petunjuk dari Geogle Maps.

Namun naas, mereka malah tersesat di hutan perbatasan antara Desa Pinggan dengan Desa Blandingan.

Kapolsek menambahkan, setelah tahu dirinya tersesat, kedua WNA ini pun menghubungi rekannya lewat telepon genggamnya dan mengirimkan posisi akhir mereka.

“Setelah pelapor menerima posisi mereka, pelapor langsung menghubungi Polsek Kintamani untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” sebutnya.

Ditambahkanya, saat ditemukan kedua Warga Belgia tersebut dalam kodisi sehat dan baik, sehingga langsung diajak pulang pelapor I Ketut Norita ke tempat menginapnya di Singaraja. (kb)