Polres Gianyar Manjakan Masyarakat dengan SKCK Online

Gianyar News Update
Foto : Palayanan SKCK di Polres Gianyar kini melayani pendaftran secra online

GIANYAR, Kilasbali.com – Dalam upaya meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Polres Gianyar terus berinovasi. Menyusul program terobosan sebelumnya, kali ini Polres Gianyar meluncurkan program inovasi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) online.

Selain mencegah terjadinya kerumuman masyarakat yang hendak memproses penertiban SKCK di tengah kondisi wabah Covid-19, juga dapat memastikan tranparansi mekanisme pelayanan.

Program ini, didasarkan atas maklumat Kapolres Gianyar nomor :MAK/2052/VII/2021 tentang penerbitan SKCK. Di mana petugas wajib mentaati Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan melakukan perbaikan sesuai perkembangan situasi dan memenuhi kualifikasi kopetensi, ketersediaan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang memadai.

Baca Juga:  Seriusi Penebar Hoax ‘Megawati”, PDIP Gianyar Lapor Polisi

Termasuk pua kejelasan waktu pelayanan, ketersediaan informasi tentang biaya administrasi penerbitan SKCK dan dilarang menerima uang maupun barang apapun diluar ketentuan termasuk pungutan liar.

“Kami targetkan Transparansi mekanisme dan prosedur dalam penerbitan SKCK dan mematuhi Protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Kasat Intelkam Polres Gianyar I Nengah Sukerna, seizin Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, Senian (9/8/2021).

Dipaparkan pula pembuatan SKCK On The Spot yaitu mendatangi lokasi di mana masyarakat sujatinya juga sangat diapresiasi warga masyarakat dalam pembuatan SKCK. Demikian juga layanan antar Perpanjangan SKCK (LAPAK SKCK) Polres Gianyar makin diminati masyarakat.

“Warga masyarakat Kabupaten Gianyar memanfatkan Layanan Antar Perpanjangan SKCK (LAPAK SKCK), Trobosan atau Inovasi yang dibuat pelayanan SKCK Polres Gianyar ini makin diminati oleh masyarakat, aplikasi yang menggunakan jasa Gosend (Go-jek) untuk melakukan pengoderan dan pengantaran berkas perpanjangan SKCK ke pelayanan Polres Gianyar memudahkan masyarakat dalam pembuatan SKCK. Kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga:  Wisatawan Mulai Kunjungi Tirta Empul

Demi meningkatkan kualitas pelayanan, petugas pelayanan SKCK, juga memberikan pelayanan dengan penambahan waktu eksra melalui inovasi REDITE NEMU BHAGIA yang dilaksanakan di gor kebo iwe setia hari minggu dari pkl. 07.30 s.d 10.00 wita, inovasi ini mempunyai manfaat bagi masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk mengurus SKCK pada hari kerja.

Menyangkut hal tersebut di atas untuk mengukur kinerja aparatur di Polres Gianyar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus mendengarkan dan menyerap aspirasi masyarakat, maka diselenggarakanlah “SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT” sesuai dengan Permen PAN RB Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Baca Juga:  Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 50 Orang

Survei ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Gianyar sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Polres Gianyar.

“Di dalam pelayanan pembuatan SKCK bepedoman pada standar pelayanan dan maklumat pelayanan SKCK, serta tentunya didalam masa pendemi Covid-19 masih mewabah maka petugas tetep menerapkan protokol kesehatan sangat ketat demi memutus rantai penyebaran,” pungkasnya. (ina/kb)