Porprov Bali 2019, Gianyar Bidik II Besar

Gianyar Olahraga
Foto : Atlet Kabupaten Gianyar berjalan bersama menuju Lapangan Astina.

GIANYAR, Kilasbali.com – Jelang Porprov Bali 2019 yang berlangsung pada bulan September mendatang di Tabanan, KONI Gianyar mengadakan sosialisasi kontingen Kabupaten Gianyar, di GOR Kebo Iwa, Gianyar, Minggu (7/7/2019). Sosialisasi kontingen Porprov dihadiri Bupati Gianyar Made Mahayastra.

 

Pada sosialisasi tersebut, para atlet berjalan dari Gor Kebo Iwa menuju Lapangan Astina, Gianyar. Bupati Mahayastra turut berjalan bersama para atlet, diikuti oleh  ketua dan pengurus KONI, beberapa pimpinan OPD dan anggota dewan.

 

Bupati Mahayastra yang ikut berbaur bersama atlet mengaku bangga dengan semangat atlet untuk berkumpul dan berjalan bersama menuju Lapangan Astina. Mahayastra juga mengapresiasi perjuangan para atlet telah merebut peringkat ke-3 untuk pertama kalinya tahun 2017 lalu di tengah banyaknya hambatan.

 

“Tahun 2017 kita rebut peringkat ketiga besar pertama dalam sejarah, dengan lompatan medali yang luar biasa padahal menuju porprov 2017 kita banyak masalah, kita kesulitan dalam pendanaan, kita banyak hambatan tapi kita berhasil,” sambung politisi asal Payangan tersebut.

 

Walau telah meraih peringkat III besar, kini ia mentargetkan untuk bisa meraih pengkat ke dua. “Sekarang saya tidak mau III besar lagi saya ingin kita tembus dalam II besar,”tegas Mahayastra.

 

Disinggung masalah KONI, Mahayastra menekankan bahwa persiapan KONI sudah maksimal. Bahkan KONI Gianyar sudah mempersiapkan hotel untuk tempat tidur atlet di Tabanan. Bupati Mahayastra juga menghimbau  agar KONI mempersiapkan kebutuhan atlet dengan baik. Bupati juga berjanji akan memberikan reward bagi atlet yang berprestasi di Tabanan nantinya.

 

Walau belum disebutkan nominalnya secara gamblang. Bupati Mahayastra meyakinkan atlet bahwa reward bagi atlet tidak akan kalah dengan reward atlet kabupaten lainnya di Bali. “Walau bukan menjadi ukuran segalanya, saya berharap fanatik patriotisme membawa nama Gianyar selalu menggebu di hati para atlet,” ujar Mahayastra.

 

Dikatakannya pula, walaupun bukan sebagai tuan rumah, Mahayastra yakin mental atlet Gianyar semua lebih baik dari tuan rumah.  “Sekarang saatnya, para pelajar jangan diracuni dengan kecurangan, bertarunglah habis-habisan, pertaruhkanlah nama besar Gianyar, kita tidak akan kalah, menanglah dengan terhormat demi Gianyar,” tukasnya.

 

Dilain sisi Ketua KONI Gianyar Pande Made Purwatha mengatakan, acara sosialisasi kontigen Kab.Gianyar yang akan mengikuti Porprov Bali ke-14 di Tabanan dikemas sebagai laporan kepada Bupati Gianyar. “Disamping sebagai laporan kepada bupati, sosialisasi ini bertujuan  agar masyarakat Gianyar yang tidak paham keolahragaan, yang selama ini mungkin tutup mata terhadap keolahragaan, mereka akan tahu bahwa inilah patriot olahraga yang akan membawa nama besar Gianyar dan wibawa Kab.Gianyar dikancah keolahragaan Provinsi Bali” ujar Pande Purwatha.

 

Sehingga tidak ada kesan dana hibah Bupati Gianyar kepada KONI seolah-olah untuk beberapa orang, jadi untuk atlet semua inilah dana itu diperuntukkan demi prestasi, dan nama Gianyar itu sendiri.  Dikatakannya pula kontigen Kab.Gianyar yang akan dibawa ke Tabanan sebanyak 750 atlet dari 38 Cabor, pelatih 50 orang dan manajer 30 orang di masing-masing cabor.

 

Pande Purwatha menekankan bahwa tekad Pengurus KONI ingin mempertahankan prestasi besar yang telah didapatkan  saat menjadi tuan rumah dengan motivasi dan dukungan dari Bupati. Mempersiapkan para atlet, disamping dengan melaksanakan kompetisi disetiap cabor juga mengajak atlet untuk bertanding keluar daerah untuk mengasah kemampuan. “Care baline pangsing kadene  galak di guunge (biar tidak dikira jago dikandang) kami ajak atlet untuk bertarung keluar daerah untuk mengasah kemampuan”, pungkas Pande Purwatha. (ina/kb)