PPKM Level 3, Ini Kata Gubernur Bali

Denpasar News Update
Wayan Koster

DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan informasi penting terkait dengan perkembangan Covid-19 di Provinsi Bali.

Menurutnya, sejak tanggal 30 Agustus 2021, penambahan kasus baru Covid-19 sudah mulai menurun, di mana penambahan kasus harian sudah di bawah 250 kasus per hari, tingkat kesembuhan mencapai angka 93%, kasus aktif terus menurun sampai mencapai angka di bawah 3.000 orang (2,5%).

“Namun kita tetap harus waspada karena tingkat kematian masih tinggi diatas 10 orang per hari,” kata Koster dalam siaran pers, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga:  Progres Tukad Unda Normalisasi Tukad Unda Lampaui Target

Dikatakan bahwa dengan mulai menurunnya kasus baru Covid-19, meningkatnya angka kesembuhan, menurunnya angka perawatan di Rumah Sakit (hospitality rate),

dan menurunnya tingkat kematian akibat Covid-19, Pemerintah Pusat telah mengumumkan bahwa mulai tanggal 14 September 2021, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Provinsi Bali diturunkan ke level 3.

“Namun demikian, kita tidak boleh menyikapi dengan euphoria yang berlebihan tetapi harus tetap waspada mengingat perkembangan Covid-19 ini masih sangat berbahaya dengan adanya varian baru Mu yang telah ditemukan di beberapa negara,” ujarnya.

Baca Juga:  ITB STIKOM Bali Gelar Pra GMTI Secara Drive Thru

Lanjut dia, perlu diketahui meskipun warga sudah mengikuti vaksinasi tidak sepenuhnya menjamin terbebas dari penularan Covid-19.

Data menunjukkan warga yang sudah mengikuti vaksinasi, sebanyak 40% masih mengalami penularan Covid-19 dan 92% yang meninggal belum divaksinasi.

Namun dengan telah divaksinasi, warga yang tertutar Covid-19 risikonya lebih rendah yaitu lebih cepat sembuh, terhindar dari gejala berat yang berisiko kematian.

“Data juga menunjukkan bahwa warga yang terkena Covid-19 tanpa gejala/gejala ringan yang mengikuti isolasi terpusat lebih cepat sembuh dan tidak menularkan kepada anggota keluarga yang lain, daripada mengikuti isolasi mandiri,” lanjutnya.

Baca Juga:  Wawali Arya Wibawa Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan TPS 3R di Kelurahan Panjer

Gubernur Koster mengimbau, mengingatkan, menegaskan, dan mengajak seluruh masyarakat agar tetap mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan serta menerapkan pola hidup sehat bebas Covid-19 dengan 6M.

“Yakni memakai masker standar dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi bepergian, meningkatkan imun, dan mentaati aturan,” tandasnya. (jus/kb)