Pramuka Peduli Gianyar ”Bombardir” Zona Merah

Gianyar

GIANYAR, Kilabali.com – Kasus warga Positif Covid-19 terus bertambah, Tim Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gianyar pun semakin menggencarkan aksinya dalam melakukan penyemprotan dan pembagian serta Disinspektan serta edukasi di sekolah-sekolah yang berlokasi di zona merah.

Sabtu hingga Minggu (26/4/2020), pasukan tunas muda ini menyasar dua sekolah di Sukawati dan tiga sekoah di wilayah Kecamatan Ubud.

Dengan melibatkan sedikitnya 20 personil pramuka, aksi  Pramuka peduli ini mengawali aksinya di SDN 3 Sukawati yang berlokasi di Banjar Gelumpang, Sukawati. Lanjut itu bergerak ke SMAN I Sukawati   untuk membagaikan cairan Disinsfektan.

“Di Wilayah Sukawati ini, kami memang fokuskan penyemprotan di  Sekolah yang  di lingkungannya terdapat Pasian dalam pengawasan. Di wilayah ini tentunya rentan terjadi transimi lokal virus Covid 19,“ ungkap Sekratrais Kwarcab Gianyar, I Made Raharja yang meminpin langsung aksi Pramuka Peduli kali ini. Usai di wilayah Sukawati, penyemprotan berlanjut ke wilayah Kecamatan Ubud.

Baca Juga:  Tetap Disiplin, Transmisi Lokal 144 Orang

Diawali dengan penyemprotan di SDN 4 Peliatan dan SMA PGRI Ubud yang lokasi berdekatan di Banjar Tebesaya, Pelaiatan Ubud. Usai penyempotan dan pembagian cairan disinspektan, aksi terakhirnya dilakukan di SDN 2 Petulu.

Di sekolah ini penyerompotan dilakukan di dalam di luara areal sekolah. Pada kesemepatan ini tim juga mengajak para guru untuk senantiasa menjadi pelopor dalam menjalani protokol kesehatan dalam pencegahan covid 19. Terlebih di desa setempat, tercatat sudah ada lima kasus PDP.

“Desa Petulu ini, terbilang wilayah yang rentan, karena dari lima kasus yang ada, empat orang diantara adalah PMI. Sementara satu PDP merupakn hasil transmisi lokal. Transmisi lokal inilah yang sangat kita khawtirkan bersama. Syukurnya, dari perkembangannya, tiga orang PDP di desa ini sudah dinyatakan negatif,” terang  Raharja.

Baca Juga:  Kodim Jembrana Berikan Wawasan Kebangsaan Bagi Para Guru Agama

Pada kesempatan itu, kepala sekolah SDN 2 Petulu, I Nyoman Bandem mengaku sangat mengapresiasi atas program yang dilakukan Pramuka Peduli Gianyar. Di mana dalam mengedukasi dan penanganan Covid-19 melibatkan secara langsung anggata Pramuka.

Aksi Pramuka Peduli dalam melawan Covid-19 menunjukan jajaran Gerakan Pramuka di Gianyar sudah bergerak mulai dari gugus depan dan bekerjasama saling membantu dan bergotong royong dalam  berbagai aksi pencegahan. Terlebih mengedepankan edukasi  protap pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan tetap memperhatikan Aksi Physical dan Social Distancing.

“Kami apresiasi, terhadap langkah penanganan yang dilakukan Pramuka Peduli dalam keterlibatan melakukan penanganan penyebaran virus corona di Kabupaten Gianyar ini,” tandasnya.

Baca Juga:  Pasien Sembuh Meningkat 131 Orang

Secara terpisah Ketua harian Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar, I Wayan Sadra mengungkapkan, kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian Pramuka Gianyar melalaui Tim Pramuka Peduli. Harapnya, melalui aksi dan edukasi ke masyarakat ini dapat memotivasi seluruh seluruh lapisan, seluruh komponen masyarakat untuk saling gotong royong dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 ini.

“Kami juga sedang mempersiapkan relawan penanggulangan bencana khususnya dalam tenaga non medis, yang nantinya sewaktu waktu ketika Pemerintah membutuhkan relawan ini. Relawan dari Pramuka ini akan siap untuk ditempatkan atau ditugaskan sesuai dengan peruntukannya. Kenapa Pramuka dilibatkan, karena Pramuka telah teruji dalam kerelawanannya,” pungkasnya. (ina/kb)