Pupuk Jiwa Korsa, Pangdam IX/Udayana Ajak Anggota Bersepeda

Denpasar Olahraga

DENPASAR, Kilasbali.com – Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara punya cara tersendiri untuk membangun silaturahmi dan kekeluargaan serta membina kesehatan dan memupuk jiwa korsa prajurit Kodam IX/Udayana, yakni dengan cara mengajak seluruh anggotanya untuk bersepeda santai keliling Kota Denpasar, pada Jumat (4/9/2020).

Sebelum mengambil titik start di Pojok Sudirman, terlebih dahulu dilaksanakan senam peregangan dan penjelasan rute menuju ke checkpoint (istirahat) di Hotel Pullman Kuta, selanjutnya bergerak kembali menuju finish di Pojok Sudirman, dengan tetap menerapkan dan memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam menjelaskan dalam pelaksanaan olahraga sepeda atau yang dikenal juga dengan Fun Bike maupun Gowes ini merupakan olahraga santai sambil refreshing guna menyambut pagi yang cerah yang biasa dilakukan agar kondisi fisik tetap prima dan terjaga.

Baca Juga:  Pemprov Bali dan Kemenkes Berkolaborasi

“Saya harapkan gowes ini dapat memberikan pencerahan pemikiran dan nilai tambah khususnya dalam hal peningkatan kualitas kesehatan dan juga dapat meningkatkan kekebalan dan imun tubuh guna mencegah terjangkitnya Covid-19, terlebih juga sebagai sarana komunikasi untuk memupuk jiwa korsa sesama prajurit Kodam IX/Udayana,” kata Pangdam.

Pangdam menjelaskan, bersepeda ini merupakan sarana olahraga sehat yang menyenangkan, selain untuk melestarikan kembali penggunaan sepeda secara meluas di masyarakat khususnya di wilayah Bali yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Sementara itu disela-sela kegiatan, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., yang juga mengikuti kegiatan Gowes mengatakan kegiatan sepeda santai ini selain untuk menjaga hubungan bersilaturahmi dan kekeluargaan antara pimpinan dan anggota juga dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh guna mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga:  Penerbitan Aturan di Masa Pandemi Bukan untuk Mencari Kesalahan Masyarakat

Lebih lanjut Kapendam mengatakan, ditengah padatnya kegiatan setiap prajurit khususnya prajurit Kodam IX/Udayana, tentunya hal ini harus diimbangi dengan olah raga yang teratur, sehingga nantinya diharapkan setiap prajurit selalu siap untuk melaksanakan tugas-tugasnya kedepan.

“Mari kita budayakan bersepeda, selain untuk menyehatkan jasmani maupun rohani dan meningkatkan imun tubuh juga dapat menangkal tertularnya Covid19, selain itu kita bisa berperan aktif untuk mengurangi pencemaran udara”, kata Kapendam.

Kegiatan gowes tersebut juga diikuti oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya, Danrem 163/WSA Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana Brigjen TNI Hendrikus Djoko Rianto, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Pasahli Pangdam IX/Udayana, Para Dan/Kabalak Sat Jajaran Kodam IX/Udayana dan Dandim 1611/Badung.(sgt/kb)