Puskesmas Densel IV Gelar Simulasi Vaksin Covid-19

Denpasar
Puskesmas Densel IV Gelar Simulasi Vaksin Covid-19

DENPASAR, Kilasbali.com – Puskesmas Densel IV menggelar simulasi pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi tenaga medis, di Puskesmas setempat, Senin (11/1/2021).

Kepala Puskesmas Densel IV, drg. Made Saraswati Rahayu mengatakan dalam simulasi pelaksanaan vaksinasi covid-19 kali ini disediakan 4 meja.

Meja satu untuk pendaftaran vaksin covid-19. Disini pasien akan menunjukkan e-tiket yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Dilanjutkan ke meja dua tempat untuk assesment pasien dengan 13 sampai 16 pertanyaan.

Baca Juga:  Ketua MPR: IWO Mampu Menjembatani Informasi dari Pusat ke Daerah Dengan Baik

“Setelah lolos verifikasi bahwa bisa dilakukan vaksin maka akan dilanjutkan ke meja tiga. Meja tiga ini ada di ruangan dimana disana akan dilakukan penyuntikan vaksin,” sebutnya.

Kemudian di meja empat akan diinterogasi. Sambil di ruang tunggu akan diobservasi hasilnya apakah mengalami gejala alergi atau tidak.

“Kalau dia mengalami gejala alergi, dia akan dimasukkan ke ruang tindakan untuk diberikan pertolongan. Seandainya nanti ada hal yang serius yang tidak bisa kita tangani, kita akan merujuk ke Rumah Sakit Wangaya,” imbuhnya.

Baca Juga:  Koster Tegaskan Belum Ada Perubahan Kebijakan Terkait Penanganan Covid-19

drg. Made Saraswati Rahayu juga menegaskan, selaku tenaga medis dirinya siap untuk divaksin.

“Saya selaku tenaga medis siap divaksin tetapi hasilnya nanti adalah hasil verifikasi, apakah saya layak mendapatkan atau tidak. Karena itu ada assesmentnya nanti. Apakah kita kena penyakit, kena komorbid tentu kita akan ditunda dulu,” pungkasnya.

Simulasi kali ini diikuti 15 tenaga medis. Dalam satu shif dilaksanakan vaksinasi terhadap 15 pasien sambil melihat waktunya. Untuk petugas di masing-masing meja ada 4 orang, khusus di meja dua ada 2 orang, meja tiga ada 2 orang, di meja empat 1 orang, dan di penanganan Kipi ada 3 orang. (sgt/kb)