Putri Suastini Koster Hadiri HKG PKK ke-49 Sekaligus Pembukaan Rakernas IX PKK tahun 2021

Ceremonial Denpasar
Putri Suastini Koster Hadiri HKG PKK ke-49 Sekaligus Pembukaan Rakernas IX PKK tahun 2021

DENPASAR, Kilasbali.com – Ketua Tim Penggerak PKK Prov Bali Ny Putri Suastini Koster berkesempatan menghadiri pembukaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Rapat Kerja Nasional IX PKK tahun 2021 melalui virtual dari Gedung Gajah, Kediaman Resmi Gubernur Bali Jayasabha, Denpasar, Senin (8/3/2021). Dalam kesempatan tersebut, Ny Putri Koster turut serta didampingi oleh pengurus TP PKK Provinsi Bali.

Hingga saat ini, sebagai mitra pemerintah, TP PKK Prov Bali telah banyak melakukan program kerja yang bertujuan untuk menyukseskan pembangunan yang dicanangkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster dalam visinya Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Apa yang telah diprogramkan dan dijalankan oleh TP PKK Prov Bali sejalan dengan arahan Menteri Dalam Negeri RI yang juga sekaligus sebagai Pembina TP PKK Pusat, Muhammad Tito Karnavian.

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian menyebut TP PKK di Pemerintah Daerah merupakan jajaran ring satu di sekitar pemimpin daerah, sehingga berpotensi besar bisa turut menyukseskan program-program pembangunan di daerah. “Pemerintah daerah dan TP PKK harus membangun hubungan simbiosis mutualisme, karena wajah keberhasilah program pemerintah daerah juga tidak lepas dari peranan TP PKK,” jelasnya dari Gedung Sasana Bakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Baca Juga:  Jaya Negara Pimpin Rakor Infrastruktur Gedung Sekolah Dasar di Kota Denpasar Tahun 2021

Seperti diketahui, di bawah kepemimpinan N Putri Koster, TP PKK Prov Bali tidak henti-hentinya mensosialisasikan program Pemprov Bali bahkan hingga ke pelosok desa. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, wnaita yang juga merupakan seniman serba bisa ini tak kenal lelah sosialisasi baik terjun langsung maupun melalui media cetak dan elektronik akan pentingnya 6M dan 3T.

Bahkan, Mendagri mengakui bahwa PKK merupakan suatu organisasi yang keberadaannya sudah hampir setengah abad ini masih tetap solid bahkan dengan jangkauan sangat luas hingga menyentuh unit terkecil dari bangsa yaitu keluarga. Dengan menggunakan kekuatan PKK seperti yang dilakukan oleh pengurus di daerah-daerah, ia yakin program pemerintah akan sampai hingga masyarakat.

“Saya pernah menjabat sebagai Kapolri jadi saya tahu bagaimana jangkauan kami di Polri dan TNI. Polri dengan Babinkamtibnas dan TNI dengan Babinsa hanya bisa menyentuh hingga unsur desa. Akan tetapi, PKK bisa menyentuh hingga keluarga. Bayangkan kekuatan PKK ini jika pemerintah bisa bersinergi dengan baik,” imbuhnya.

Baca Juga:  PHDI Bali Bersama Kapolda Bali Bahas Video Dugaan Pelecehan Agama Hindu

Sementara itu, Ketua TP PKK Pusat Ny Tri Tito Karnavian menyatakan Rakornas IX TP PKK merupakan acara lima tahunan yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang program-program pokok PKK selama lima tahun ke depan.

Ia beranggapan jika sebuah organisasi haruslah fleksibel dan mampu menuju perubahan. Untuk itu, ia berharap ke depan pengurus PKK juga mampu membuat perubahan, hingga ke tingkat desa menuju yang lebih baik.

“Untuk itu saya harap hasil Rakornas kali ini bisa menuju kepada empat program prioritas PKK yaitu ekonomi masyarakat, revolusi mental, pelestarian lingkungan hidup serta memperkuat pelayanan dasar seperti kesehatan sosial dan pendidikan dasar masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemkot Terima CSR Kursi Roda dari PT Pelindo 3 dan PT Taspen Denpasar

Senada dengan Mendagri, ia mengatakan sinergitas PKK dengan pemerintah daerah perlu diperkuat lagi demi menyukseskan program-program pokok PKK serta program pemerintah. Di samping itu ia juga berharap ke depan PKK bisa bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyukseskan program di daerah.

“Seperti saat ini, kami bekerja sama dengan Isuzu Astra Motor Indonesia yang telah menyerahkan bantuan berupa 100 timbangan dan akan kami sebar ke posyandu-posyandu,” tandasnya. (rl/kb)