Rai Mantra: Di Tengah Pandemi, Anak Harus Harus Tetap Berkreativitas dengan Aman

Denpasar Pendidikan Sosial
Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra

DENPASAR, Kilasbali.com – Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) di Kota Denpasar, Forum Anak Daerah Kota Denpasar bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPAPPKB) Kota Denpasar mengadakan Live Streaming Bincang Anak Kota Denpasar bertema “Berani Sejak Dini”.

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Lenny N. Rosalin bersama Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra menjadi pembicara dalam talkshow Peringatan HAN di Denpasar ini, Rabu (22/7/2020) di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Selain itu, juga hadir narasumber muda kreatif lainnya seperti A.A.Gede Agung Wedhatama selaku Ketua Komunitas Petani Keren, Kadek Soto Meranggi selaku Penghobi Layangan dan I Kadek Wahyudita selaku Ketua Yayasan Penggak Men Mersi.

Baca Juga:  Ngurah Ambara 'Ngaturangayah' di Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka

Walikota Rai Mantra yang didaulat sebagai pembicara mengucapkan selamat Hari Anak Nasional khususnya anak-anak di Kota Denpasar. Di mana di Hari Anak ini, anak-anak ini harus banyak diberikan perlindungan, diberikan suatu kesempatan dan diberikan suatu peluang.

“Tentunya diharapkan anak-anak ini bisa menjadi generasi penerus yang jauh lebih baik dari pendahulunya, sebab anak-anak ini lah yang nanti menjadi tulang punggung bangsa Indonesia dan bisa jauh lebih unggul dari negara lain nantinya,” ujarnya.

Lebih lanjut di sampaikan, dalam masa pandemi Covid-19 ini, diharapkan peran orang tua harus selalu melindungi anaknya dengan menerapkan protokol kesehatan dirumah untuk keselamatan bersama. Di mana saat ini merupakan suatu tantangan yang sangat berat didalam membuat produktivitas dan kreativitas anak-anak.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Pemkot Denpasar Gandeng Swasta

Untuk itu, lanjut dia, harus ada sebuah inovasi pembelajaran seperti contohnya webinar yang diadakan Forum Anak Daerah seperti ini, belajar secara online dan lomba layangan dirumah secara virtual.

“Itu semua artinya kita harus bisa bertransformasi dengan berproduktivitas dan berkreativitas tapi aman, jadi tidak begitu saja mematikan untuk masalah kreativitas anak-anak. Itu tantangan yang terberat di masa pandemi ini, karena anak-anak pasti bosan di rumah tanpa kegiatan. Untuk itu Pemkot Denpasar mengajak para komunitas dan unsur lainnya untuk ikut berperan serta membangkitkan kreativitas anak tapi aman di masa pandemi ini,” ajak Rai Mantra.

Sementara Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Lenny N. Rosalin mengatakan tentang pentingnya peran orang tua mendampingi anak dalam mengakses internet. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini, internet menjadi kebutuhan bagi anak dalam melaksanakan kegiatan belajar dari rumah.

Baca Juga:  Cok Ace Minta Tetap Ikuti Prokes

“Perlindungan dan pemenuhan hak anak harus diwujudkan kapan saja dan di mana saja tidak terkecuali di dalam internet. Tugas kita semua untuk memastikan dan memberikan ruang aman, nyaman dan ramah bagi anak,” ujarnya. (sgt/kb)