Ratusan Warga Pejeng Kangin Jalani Rapid Antigen

Gianyar

GIANYAR, Kilasbali.com – Menyusul puluhan warga terpapar Covid-19, ratusan warga Banjar Pengembungan, Desa Pejeng Kangin, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar mengikuti rapid tes antigen pada Kamis (14/1/2021).

Warga yang dirapid pun merupakan kontak erat yang total berjumlah 800 orang. Untuk menghindari kerumuman di tempat rapid, pemanggilan warga pun digilir dan dipisah pada empat tempat berbeda.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr Ida Komang Upeksa menjelaskan langkah itu dilakukan sebagai menangani perkembangan situasi di desa setempat.

Baca Juga:  Polda Bali Atensi Puluhan Warga Pejeng Kangin yang Terpapar Covid

“Dari pendataan kami, yang menjalani rapid sebanyak 800 orang, karena ada  kontak erat dengan warga yang terpapar,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kerumunan, sebutnya, warga yang setelah dirapid diarahkan langsung pulang. Lokasi yang ditentukan terdapat empat titik pengambilan rapid. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kerumuman yang ada.

Dijelaskan terkait mekanisme pelaksanaan kegiatan rapid tes masal, kegiatan dimulai pukul 09.00 WITA sampai dengan 15.00 WITA. Bahkan petugas yang disiapkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar berjumlah 50 orang tenaga kesehatan.

Baca Juga:  Ratusan Warga Pangembungan Jalani Rapid Susulan

“Mereka juga  sudah ditugaskan sesuai peran masing- masing dan akan dibagi sesuai dengan jumlah warga di empat pos tersebut. Kami juga siapkan  mobil ambulance yang akan disiagakan serta petugas Kepolisian untuk mengamankan kegiatan,” ungkapnya.

Pelaksanaan rapid tes itu dibagi di empat lokasi, mulai dari Balai Banjar Pengembungan, areal Jaba Pura Ulun Suwi, Banjar Pengembungan. Lapangan Voly Banjar Pengembungan, dan  areal Parkir Villa Oshinoya Banjar Pengembungan.

“Apabila ada warga yang hasil tes nya reaktif, pihak dari Dinkes Gianyar akan menjemput warga tersebut selanjutnya dibawa menuju hotel karantina yang telah disiapkan,” pungkasnya. (ina/kb)