Sanjaya: Paskibraka Duta Semangat Nasionalisme dan Jiwa Patriotisme

Tabanan
Foto: Wagub Sanjaya saat mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)  tahun 2019, di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Rabu (14/8/2019).

TABANAN, Kilasbali.com – Tugas yang diemban Paskibraka sangat berat, namun mulia. Yang terpenting dipahami, mereka yang bisa masuk kedalam jajaran Paskibraka, mendapatkan kepercayaan. Kepercayaan yang diberikan tersebut diharapkan agar bisa diemban dengan penuh tanggung jawab.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya saat mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)  tahun 2019, di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Rabu (14/8/2019).

“Saya berharap tugas yang kalian emban mampu dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan semaksimal mungkin serta jadikan momentum ini sebagai babak baru dalam perjalanan hidup kalian karena pada hakekatnya kalian adalah duta-duta semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme yang akan mampu menumbuhsuburkan kecintaan kita pada tanah air, nusa dan bangsa Indonesia,” harapnya.

Paskibraka yang dikukuhkan berasal dari SMA/SMK di Tabanan, diharapkan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik untuk mensukseskan pelaksanaan peringatan ke 74 tahun detik-detik Proklamasi RI tahun ini.

Para siswa yang tergabung dalam Paskibraka tahun ini, sudah melalui seleksi sangat ketat oleh tim yang sudah dibentuk oleh panitia sebelumnya. Mereka sudah mendapatkan latihan secara rutin dan dibimbing oleh tim pelatih yang sudah dibentuk dari Polres dan Kodim 1619 Tabanan.

Dalam masa-masa latihan ini, telah ditanamkan banyak hal baik fisik maupun mental yang terkait dengan patriotisme. Dengan tempaan tim pelatih tersebut, selain mereka trampil juga memiliki dedikasi dan disiplin yang tinggi, sehingga mereka bisa melaksanakan tugas yang diberikan dengan maksimal. (kb)