Satgas TMMD Kodim Buleleng Semprotkan Disinfektan dan Pasang Wastafel

Buleleng
Foto: Satgas TMMD Kodim Buleleng memasang wastafel.

BULELENG, Kilasbali.com – Di tengah situasi pandemi Covid-19, Satgas Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 107 Kodim 1609/Buleleng juga melakukan pencegahan penyebaran virus ini. Yakni, penyemprotan disinfektan dan pemasangan fasilitas cuci tangan atau wastafel di sejumlah dusun di wilayah Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Sabtu (11/04/2020).

Kasdim 1609/Buleleng, Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara menjelaskan, secara detail sasaran kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan di Dusun Lebahsiung, Batupulu dan Abasan yang mana kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Dusun masing-masing.

“Sasarannya yaitu permukiman atau rumah-rumah warga dan fasilitas umum seperti Kantor kepala dusun, sekolah-sekolah dan sepanjang pinggiran jalan desa,” jelasnya.

Baca Juga:  Pilkada Serentak di Provinsi NTT, Pangdam IX/Udayana Terima Paparan Danrem 161/WS

Menurutnya, kegiatan ini melibatkan 9 orang warga masyarakat yang memimpin langsung penyemprotan di Dusun Lebahsiung dan Abasan. Sedangkan untuk di Dusun Batupulu dimotori oleh Pasiter Kodim 1609/Buleleng, Kapten Inf I Made Suparsana dengan melibatkan 8 orang warga masyarakat setempat.

Dikatakannya, untuk pemasangan Wastafel atau tempat cuci tangan sejumlah 5 unit masing-asing dilaksanakan di 4 Dusun Desa Panji Anom,.

“Penyemprotan dan pemasangan wastafel untuk tempat cuci tangan adalah sebagai bagian dari pengerjaan sasaran TMMD, dimana dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekaigus implementasi dari penerapan pola hidup bersih dan sehat yaitu rajin cuci tangan, maka fasilitas wastafelnya juga disiapkan,” jelas Mayor Arya.

Baca Juga:  Kabar Baik, Sembuh Bertambah 140 Orang

Dirinya kembali mengingatkan dan mengimbau masyarakat untuk mengikuti segala arahan dan imbauan pemerintah terkait Covid-19.

Sementara itu Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto menjelaskan sejauh ini program TMMD Ke 107 di Desa Panji Anom dapat berjalan sesuai rencana di tengah kita mengahdapi situasi perang melawan Covid-19.

“Sejauh ini semua aman baik itu personel, masyarakat serta penggunaan material yang digunakan selama kegiatan TMMD. Kita juga telah siap untuk menutup TMMD ke 107 ini yang direncanakan pada 14 April 2020 mendatang dan hasil-hasilnya siap kita serahkan ke Pemerintah Kabupaten Buleleng dan tentunya fasilitas yang dibangun nantinya bermanfaat buat warga masyarakat,” jelas Letkol Windra.

Baca Juga:  Tradisi 'Nampah' Kebo di Pandak Gede

Letkol Windra juga berterima kasih kepada masyarakat Panji Anom yang tetap semangat bahu-membahu bergotong royong bersama Satgas TMMD untuk menyelesaikan kegiatan ini sesuai target yang direncanakan. (jus/kb)