Sekda Tabanan Lepas Gerak Jalan Santai Desa Munduk Temu

Ceremonial Tabanan
Foto: Sekda Tabanan Lepas Gerak Jalan Santai di Desa Munduktemu Pupuan.

TABANAN, Kilasbali.com – Memperingati HUT ke- 74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, berbagai acara dan gerakan dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Tabanan. Seperti halnya Desa Munduktemu, Pupuan, Tabanan, yang menggelar Gerak Jalan Santai di depan Balai Serbaguna Munduktemu, Jumat (9/8/2019) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dilepas Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan, I Gede Susila. Nampak juga saat itu, Asisten I Setda Tabanan, I Wayan Miarsana, Asisten II, AA. Dalem Tresna Ngurah, dan Asisten III, Agus Hartawighuna, beserta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Sebelum membuka Gerak Jalan Santai tersebut, Sekda I Gede Susila mengatakan, HUT Proklamasi Kemerdekaan RI merupakan momentum yang sangat tepat untuk mempertebal nasionalisme, rasa cinta tanah air bagi seluruh lapisan warga masyarakat, dimanapun berada.

“Kegiatan ini untuk pertamakalinya kita laksanakan jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan dengan rutinitasnya, udara sejuk dan iringan kicau burung pagi ini sangat membawa ketenangan, kenyamanan jiwa kita bersama,” katanya.

Dirinya mengungkapkan, di tengah situasi saat ini yang masih menyisakan ketegangan perpolitikan nasional yakni Pemilihan Presiden yang secara kasat mata bisa meruntuhkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat. Tentunya, kegiatan olahraga ini atau kegiatan yang melibatkan banyak orang tentu lebih menambah interaksi antar sesama, sehingga dapat mencairkan suasana ketegangan tersebut.

“Saya berharap, pelaksanaan Perayaan HUT Kemerdekaan kali ini dilakukan dengan lebih mengedepankan makna daripada sekedar hingar binger kegiatan tanpa memberikan arti dan kontribusi konstruktif bagi perjalanan pembangunan Tabanan. Dengan dilibatkannya seluruh lapisan masyarakat Tabanan untuk turut serta memeriahkan kegiatan ini, tentunya merupakan sebuah starting point, yang maha penting,” imbuhnya.

Gerak jalan tersebut mengambil rute sejauh 3 KM, yakni start dari Balai Serbaguna Desa Munduktemu, kemudian berjalan mengelilingi Desa Munduktemu dan kembali finish di Depan Balai Serbaguna. Meski terbilang cukup lumayan jauh, namun Sekda I Gede Susila beserta jajaran Pemkab Tabanan nampak dengan semangat mengikuti Gerak Jalan Santai tersebut hingga sampai akhir.

Usai kegiatan, dilakukan acara ramah tamah menikmati hidangan yang telah disediakan saat itu oleh panitia setempat, dan saling bercengkrama satu sama lain guna lebih memperat rasa persatuan dan kesatuan diantara warga masyarakat. (rls/kb)