Sidak di Sekitar RSU Negara, Petugas Temukan Krupuk Mengandung Boraks

Jembrana
Foto: Petugas saat melakukan sidak makanan dan minuman.

JEMBRANA, Kilasbali.com – Petugas gabungan dari Loka POM Buleleng bersama Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana serta Dinas Kesehatan Jembrana melakukan sidak dan menyisir puluhan pedagang yang berjualan disekitar RSU Negara, Selasa (30/7/2019) petang.

Petugas melakukan sampling produk makanan dan minuman yang dijual para pedagang yang berjualan dilokasi ramai pembeli ini, seperti bakso, mie, bijik, kerupuk serta makanan lainnya yang dicurigai mengandung bahan kimia berbahaya.

Alhasil, dari pengujian 10 sampel makanan yang diambil, ditemukan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Satu produk makanan olehan, yakni kerupuk dinyatakan positif mengandung boraks. Produk tersebut dijual hampir disemua warung di depan RSU Negara.

Kepala Loka POM Buleleng, I Made Ery Bahari Hantana dikonfirmasi Selasa malam membenarkan adanya temuan sidak disekitar RSU Negara berupa produk makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya tersebut. “Dari 10 sampel ini, ada satu yang positif mengandung boraks” ungkapnya.

Terhadap temuan tersebut, pihaknya langsung memusnahkan produk pangan tersebut.

Petugas Loka POM Buleleng juga kembali melakukan edukasi kepada pedagang agar tidak menjual produk mengandung bahan kimia tersebut. Menurutnya bahan kimia seperti boraks tidak dapat dicerna dalam tubuh.

Kandungan bahan kimia dalam produk pangan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker hingga kematian.

Pihaknya meminta instnasi terkait yakni Diskoperindag dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana untuk lebih intensif melakukan pengawasan terhadap peredaran produk pangan yang mengandung bahan kimia tersebut.

“Penjualnya mengaku tidak tahu. Kami juga akan telusuri produsen yang membuatnya. Ini kan di sekitar rumah sakit, pasti banyak pengunjung yang berbelanja,” tandasnya. (gus/kb)