Sidang Virtual Masih Relevan di Masa Pandemi Covid-19

Denpasar
Sidang Virtual Masih Relevan di Masa Pandemi Covid-19

DENPASAR, Kilasbali.com – Sidang secara virtual atau daring masih tetap berlaku dalam situasi pandemi Covid-19, mengingat hal tersebut telah diatur dalam Peraturan MA nomor 4 tahun 2020 tentang Persidangan Perkara Pidana Secara Elektronik.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial, Andi Samsan Ngaro, di Denpasar.

” Kita ketahui bahwa di era pandemi ini ada keadaan tertentu yang tidak memungkinkan untuk bersidang secara langsung,” sebutnya Sabtu (10/4/2021).

Baca Juga:  Kunjungi Teba Majalangu, Antari Jaya Negara Harap Jadi Sarana Edukasi dan Rekreasi di Tengah Kota

Andi Samsan Ngaro juga belum bisa memastikan kapan sidang secara daring ini berakhir karena situasi pandemi Covid-19 ini belum reda.

“Ini salah satu solusi terbaik. Di satu pihak ya menjaga protokol kesehatan, menjaga kerumunan, kemudian hak asasi terdakwa didengar keterangannya. Salah satunya bahwa melalui Peraturan MA nomor 4 tahun 2020 itu adalah jalan yang terbaik. Apakah masih diberlakukan, itu masih relevan dengan situasi,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan, Kota Denpasar perkaranya kompleks karena banyak orang asing masuk, dan sebagai daerah wisata. Bukan tidak mungkin ada kasus yang melibatkan orang asing.

Baca Juga:  Gubernur Koster dan Duta Besar Negara Uni Eropa Tos Arak Bali

“Pengadilan Negeri Denpasar harus tanggap menyelesaikan dengan baik pelayanan itu, karena itu salah satu etalase kita,” pungkasnya.(sgt/kb)