Skill Petugas Damkar Gianyar Dipertajam

Gianyar
Foto; Personil Damkar Gianyar melakukan latihan teknis pencegahan dan penanganan kebakaran.

GIANYAR, Kilasbali.com – Musibah kebarakan kerap terjadi di musim kemarau panjang ini. Menyikapi musibah itu, sebanyak 85 personil Damkar Gianyar digenjot selama dua hari untuk mempertajam keahliannya di lapangan denga menjalani pelatihan teknis pencegahan dan penanganan kebakaran.

Kadis Pol Pp dan Damkar Gianyar, I Made Watha mengatakan bahwa tujuan kegiantan ini juga untuk menyiapkan diri sebagai petugas yang profesional. Tidaknya cakap di medan kebakaran, namun saat di tengah masyarakat semua juga berperan aktif untuk bersosialisasi tentang kewaspadaan dan cegah kebakaran.

“Kesiagaan personil Damkar wajib kami perhatikan serius. Terlebih, akhir-akhir ini musibah kebakaran sering terjadi,” ujar Made Watha saat memantau pelatihan di Stadion Dipta, Jumat (24/10/2019).

Menurutnya, dalam menangani sebuah kebakaran yang tidak kalang pentingnya adalah kesiagaan armada dan peralatan. Karena kemampuan personil tanpa kesiapan peralatan, petugas damkar tidak akan bisa berbuat banyak.

“Karena itu, semua personil dituntut disiplin melakukan pemeriksaan peralatan dan diharapkan segera melapor jika ada barang atau alat yang wajib segera diganti atau di remajakan. Armada dan peralatan adalah istri kedua personil damkar, jadi wajib dirawat dan disayangi,” tandasnya. (ina/kb)
.