Solusi Atasi Sampah di Perkotaan, Jaya Negara Resmikan TPS 3R Padangsambian

Birokrasi Ceremonial Denpasar Sosial
Solusi Atasi Sampah di Perkotaan, Jaya Negara Resmikan TPS 3R Padangsambian

DENPASAR, Kilasbali.com – Untuk mewujudkan pengolahan sampah berbasis sumber serta percepatan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) di masing-masing desa/kelurahan, Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara meresmikan TPS 3R sekaligus penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) PKE UMKM Desa Adat Padangsambian, Jumat  (6/8/2021) di Kelurahan Padangsambian Denpasar.

Kegiatan ini juga dihadiri Anggota DPR RI Komisi XI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Kadis DLHK IB. Putra Wirabawa, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai serta Plt. Camat Denpasar Barat IB. Purwanasara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Bali Trisno Nugroho mengatakan Bank Indonesia terus berkolaborasi dengan masyarakat dan  pemerintah daerah untuk menjadikan Bali khususnya Kota Denpasar bersih dari sampah.

Baca Juga:  Persit Peduli Bagikan Nasi Kotak

“Pengolahan sampah dengan metode 3R yakni Reduce Reuse Recycle selain bermanfaat bagi lingkungan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga berpotensi terbukanya lapangan pekerjaan yang baru,” ujarnya.

Sementara, Anggota DPR RI Komisi XI I Gusti Agung Rai Wirajaya mengatakan dengan adanya TPS 3R ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya Desa Adat Padangsambian.

Sampah yang masuk dapat diolah dan bernilai ekonomi sehingga ia mengajak masyarakat untuk disiplin membuang sampah di TPS 3R ini.

Baca Juga:  Kantor Pemerintah Kota Denpasar Mulai Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

“Diharapkan sampah dapat dipilah mulai dari rumah tangga sehingga masuk TPS sudah terpilah dan saya juga mengajak
pemerintah dan masyarakat desa adat bersatu untuk kebersihan Kota Denpasar,” ujarnya.

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengapresiasi Bank Indonesia karena telah mendukung pengolahan sampah berbasis sumber karena penanganan sampah merupakan masalah klasik perkotaan.

Karenanya, penanganan sampah harus dilaksanakan secara holistik dari sumber. Dengan demikian, penumpukan sampah di TPA dapat diurai, selain juga mengingat kondisi TPA saat ini yang hampir penuh.

Baca Juga:  Lepas Atlet PON XX Papua 2021, Walikota Denpasar Tekankan Tetap Disiplin Prokes dan Berprestasi

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kondisi TPA Suwung semakin penuh, sehingga diperlukan upaya yang holistik dan strategis untuk penanganan sampah berbasis sumber. Dengan diresmikan TPS 3R di Padangsambian ini diharapkan dapat mendukung penanganan sampah berbasis sumber di Kota Denpasar. Kami mendorong agar Desa dan Kelurahan selalu berkolaborasi dengan Desa Adat masing-masing untuk bisa mempercepat pembuatan TPS 3R di wilayahnya masing masing,” kata Jaya Negara.(kb/rls)