Spesialis Traktor Melawan, Polisi Terpaksa ‘Dor’ Kaki Tiga Pelaku Pencurian

Badung Kriminal Peristiwa
Foto; Polisi memamerkan tiga pelaku pencurian

MANGUPURA, Kilasbali.com – Satuan Kriminal Polres Badung dapat dengan cepat mengungkap kasus pencurian mesin traktor lintas kabupaten, yang kerap beraksi di kabupaten Badung, Tabanan dan Ginyar, Kamis (23/7/2020).

Tiga pelaku yakni Andika (28), Ahmad (38), dan Abdulla (42) pun dibekuk polisi. Di mana dari dua diantaranya, yakni Ahmad dan Abulla merupakan residivis kasus pencurian sapi di Bondowoso, Jawa Timur.

Kasat Reskrim Polres Badung AKP Laorens R. Heselo mengungkapkan, saat ditangkap mereka melakukan perlawanan, sehingga petugas terpaksa memberikan timah panas di kaki para pelaku.

Baca Juga:  Asah Kemampuan Prajurit, Kodim Gianyar Gelar Latihan Menembak

“Ya mereka melakukan perlawanan saat kita tangkap, sehingga kita lumpuhkan dengan timah panas,” katanya.

Perwira asal Papua ini menjelaskan, mereka ditangkap berdasarkan laporan korban I Wayan Patra (54), dengan TKP di sawah Subak Aban, Desa Darmasaba, Abiansemal pada Kamis (16/7/2020) lalu.

Atas laporan tersebut, Tim Opsnal Unit 1 yang dipimpin Iptu Ferlanda Oktora, S.Tr.K langsung melakukan penyelidikan. Kemudian pada Rabu (22/7/2020) pukul 23.00 WITA, polisi berhasil mengantongi alamat tempat kos, identitas serta kendaraan dipakai pelaku saat beraksi.

Baca Juga:  Gegara Virus PBK, Petani Kakao Tanam Kopi

“Tim kami melakukan survilence terhadap pelaku dari Gianyar menuju Denpasar dan Tabanan. Pelaku mengendarai mobil Toyota Avansa P 1380 Q,” ujar Kasat Reskrim Laorens

Dan pada Kamis (23/7/2020) pukul 01.00 WITA, petugas menangkap pelaku di Jalan By Pass Ir. Soekarno, Tabanan. Penangkapan tersebut, anggota Polres Badung di-back up anggota Satlantas dan Reskrim Polres Tabanan. Selanjutnya pelaku dibawa ke Mapolres Badung.

“Saat ditangkap, pelaku melakukan perlawanan. Anggota kami terpaksa melakukan tindakan tegas terukur (ditembak-red),” ujar AKP Laorens.

Baca Juga:  Trotoar Rusak di Jalan Melati, Terget Tuntas 3 Hari

Saat diinterogasi, pelaku mengaku beraksi di Subak Aban Darmasaba, Badung, dua kali di wilayah Tabanan yaitu di Subak Pengembungan Tegal Jadi Marga dan Subak Adeng Tegal Jadi Marga.

Untuk wilayah Gianyar, lanjut dia, komplotan garong ini beraksi empat kali di Subak Tampak Siring dan Subak Keramas.

“Modusnya membongkar traktor dan mengambil mesinnya. Barang bukti yang diamankan empat mesin traktor, kunci pas, kunci inggris besi yang dipakai bongkar mesinnya,” pungkasnya. (jus/kb)