Surya Intentilia Learning Centre Gelar Lomba Storytelling Online

Denpasar Pendidikan
Surya Intentilia Learning Centre Gelar Lomba Storytelling Online

DENPASAR, Kilasbali.com – Surya Intentilia Learning Centre baru saja mengadakan Online Storytelling Competition atau kompetisi mendongeng yang dilaksanakan secara daring. Surya Intentilia sendiri merupakan sebuah unit diklat yang berada di bawah naungan KPRK (Koperasi Perempuan Ramah Keluarga).

Berbagai layanan disediakan oleh Surya Intentilia, mulai dari kursus privat Bahasa Inggris, kursus online Bahasa Inggris, pelatihan Bahasa Inggris untuk perusahaan, penerjemahan dokumen, dan program pengembangan pemuda seperti Mentorship Program.

“Kompetisi ini dibuka sejak tanggal 15 Juli hingga 15 Agustus 2020 dan pengumuman dilakukan tepat pada Hari Kemerdekaan yaitu tanggal 17 Agustus 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 lewat inovasi belajar Bahasa Inggris melalui cerita rakyat dengan metode daring,” kata Co-Founder Surya Intentilia Learning Centre, A.A. Bagus Ngurah Agung Surya Putra, S.H., LLM dan A.A. Mia Intentilia, S.IP., MA.,

Baca Juga:  Taat Aturan, Amerta Turunkan Baliho di Rumah Perubahan

Selain sebagai metode untuk belajar Bahasa Inggris bersama, kegiatan ini juga mendorong pemuda untuk melestarikan budaya Bali melalui cerita rakyat. Terdapat lima cerita rakyat dari Bali yang dilombakan dalam kegiatan ini diantaranya yaitu Kebo Iwa, Legenda Pulau Catu, Legenda Singaraja, Siap Selem, dan Asal Mula Selat Bali.

Kompetisi ini diikuti oleh 54 peserta dengan usia yang beragam dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bali, Lampung, Mataram, Sumbawa, Magelang, dan Bondowoso. Pelaksanaan kompetisi ini terbilang unik karena sangat jarang terdapat kompetisi mendongeng atau storytelling yang dilaksanakan secara daring.

Pemilihan metode daring ini dilakukan agar para peserta dapat berkreativitas dari rumah masing-masing. Hal ini juga menjadi wujud nyata bahwa mengisi kemerdekaan di masa pandemi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seluruh video mendongeng peserta dinilai oleh dewan juri yang merupakan Co-Founder Surya Intentilia Learning Centre (A.A. Bagus Ngurah Agung Surya Putra, S.H., LLM dan A.A. Mia Intentilia, S.IP., MA), serta tutor Bahasa Inggris di Surya Intentilia (Nola Nur Aini, S.Si).

Baca Juga:  Kabar Baik, Pasien Sembuh di Denpasar Bertambah 41 Orang

Setelah melalui proses penilaian oleh dewan juri, diputuskan terdapat empat orang pemenang yaitu Ida Ayu Putu Sharira Kirana sebagai pemenang pertama, Pande Putu Panji Maha Artha sebagai pemenang kedua, Putu Audrey Charisma Hootara sebagai pemenang ketiga, Ni Wayan Suma Wardhani sebagai pemenang keempat dan I Gusti Ayu Pebbi Artalista sebagai peserta terfavorit yang mendapatkan likes terbanyak di Instagram.

Baca Juga:  Kelurahan Ubung Jaring 41 Penduduk Non Permanen

Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, goodie bag, dan voucher kursus Bahasa Inggris di Surya Intentilia Learning Centre. Kompetisi ini didukung dan disponsori oleh KPRK. Kegiatan ini ditutup oleh Dr. AAA Ngurah Tini Rusmini Gorda sebagai Ketua KPRK. (rls/kb)