Tabanan Ternyata Telah Ekspor Durian ke Rusia

Ekonomi Bisnis Tabanan
Foto; Eksportir durian, Jro Putu Tesan

TABANAN, Selain mengekspor manggis ke Tiongkok serta negara lainnya, ternyata Bumi Lumbung Beras Tabanan juga menjadi salah satu penghasil durian terbesar di Indonesia. Produk pertanian inipun saat ini sudah dilirik pasar dan bahkan telah diekpsor ke Rusia, dan Hongkong.

“Kendala kita saat ini adalah durian kita jual secara bijian yang dikirim ke beberapa wilayah di Jawa,” kata eksportir durian, Jro Putu Tesan di Tabanan, Minggu (14/6/2020).

Menurutnya, saat ini pihaknya telah menggadeng beberapa pengusaha Nusantara untuk membuat olahan dari durian ini yang telah diekpor ke negara tesebut. Di mana tujuan membuat produk olahan ini, untuk menjamin ketesediaan barang.

Baca Juga:  Terorisme Ancam Kesatuan dan Kedaulatan NKRI

Di tambahkannya, produk olahan ini adalah durian beku. Di mana para customer tidak perlu lagi membuka kulitnya, karena olahan ini siap untuk disantap.

“Jadi dengan produk ini, maka kita sudah bisa memastikan bahwa tingkat kematangan, rasa, dan juga kualitasnya sangat baik,” tambahnya.

Selain itu, lanjut dia, ketahanan dari produk olahan ini juga sangat lama. Yakni mencapai enam sampai dengan tujuh bulan.

Baca Juga:  Kabar Duka, Satu Pasien Dinyatakan Meninggal

“Jadi kalau ada panen raya bisa kita stoke untuk memenuhi pasar saat musim paceklik durian,” jelasnya.

Durian yang dijadikan produk olahan itu, kata dia, mulai dari durian Montong Bali Super, maupun durian lokal.

“Untuk yang pertama kita ekspor olahan durian moncong yang pasarnya ada di Rusia, dan juga Hongkong,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bali Ekspor 12 Ton Biji Kakao, Cok Ace Harap Pertanian Bali Bangkit

Ke depan saat panen raya, pihaknya berencana akan menggandeng Dinas Pertanian untuk mengidentifikasi durian lokal yang ada. Seperti durian kunyit, mentega, serta durian lokal lainnya.

“Dengan demikian, maka kita bisa membentuk brand pasar untuk produk olahan yang kita jual,” pungkasnya. (jus/kb)