Tak Kuat Nanjak, Truk Mundur Hantam Bus

Peristiwa Tabanan
Foto: Petugas mengatur lalulintas untuk mengurai kemacetan akibat kecelakaan.

TABANAN, Kilasbali.com – Kecelakaan akibat truk mundur karena tak kuat nanjak terjadi di Jalan Umum jurusan Denpasar Gilimanuk pada KM 25,100, termasuk Banjar Dinas Samsam 1, Desa Samsam Kerambitan, Tabanan, tepatnya di tanjakan samsam 2.

Dari informasi yang dikumpulkan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis 23 Oktober 2019, sekitar pukul 5.30 WITA. Di mana truk KT 8972 ED yang dikemudikan Syam Imannur Ramadhan (36) datang dari arah utara ke selatan, atau dari arah Gilimanuk ke Denpasar.

Setibanya di TKP, tepatnya saat memasuki jalan tanjakan dan tikungan tajam ke kiri tidak, truk tak kuat nanjak selanjutnya supir melakukan pengereman.

Namun sayang, as bijoen (as panjang) truk patah sehingga rem tidak berfungsi. Akibatnya, truk mundur dan menabrak bus Gunung Harta L 7519 UN (dikemudikan Moh Munir, 44), yang tepat ada di belakangnya.

Akibat kejadian itu, bak truk mengalami penyok dibagian belakang dan mengalami kerugian Rp500ribu, sedangkan bus mengalami kerusakan pecah kaca depan, pecah reting kiri, ringsek kepala bagian kiri dan kerugian materiil Rp10 juta.

Kasubag Humas Polres Tabanan, Iptu Made Budiarta saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, supir truk berstatus terlapor, sedangkan supir bus sebagai korban. “Kedua supir dalam keadaan selamat,” singkatnya, Kamis (24/10/2019). (KB)