Taman Anjing Pemkab Jembrana Terbengkalai

Jembrana Pemerintahan
Foto: Kondisi fasilitas umum Taman Anjing Pemkab Jembrana yang tampak tak terawat.

JEMBRANA, Kilasbali.com – Taman Latih Anjing yang dibangun Pemkab Jembrana belum termanfaatkan dengan maksimal. Kondisi fasilitas umum untuk menghobi anjing inipun terbengkalai dan tampak kumuh tak terawat, dipenuhi sampah dan rumput liar yang tumbuh subur.

Fasilitasi yang terletak di Jalan Udayana, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara dan telah rampung dibangun setahun lalu, diduga tak dirawat. Warga pun enggan menggunakan fasilitas yabf dilengkapi jogging track ini. Warga sekitar lebih memilih jogging di Lapangan Umum Negara yang lokasinya tidak jauh dari taman ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jembrana, I Wayan Sudiarta mengatakan, pengelolaan taman anjing itu sudah menjadi tanggung jawab komunitas penghoby anjing. Menurutnya fasilitas itu memang dibangun atas adanya permohonan dari komunitas.

“Pembangunan taman latih anjing ini memang dikhususkan bagi komunitas pencinta anjing agar tidak bercampur dengan pengunjung di Taman Pecangakan dan areal Gedung Kesenian Bung Karno,” jelasnya, Kamis (8/8/2019)

Selain diperuntukan sebagai lokasi melatih anjing, taman ini juga menurutnya sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan vaksinasi hewan khususnya anjing.

Namun ia mengaku hingga kini taman yang dibangun menggunakan pembiayaan APBD ini sampai saat ini belum dimanfaatkan. Dikatakannya semestinya komunitas yang memanfaatkan setelah taman itu selesai dibangun.

“Kita tidak mesti menganjurkan lagi agar tempat itu dimanfaatkan, sebab dulunya komunitas sendiri yang memohon tempat itu, termasuk bangunannya,” tandasnya. (gus/kb)