Tawur Agung Kesanga di Tabanan, Sanjaya Harap Pandemi Segera Berakhir

Seni Budaya Tabanan Tokoh
Tawur Agung Kesanga di Catus Pata Tabanan

TABANAN, Kilasbali.com – Suasana berbeda tampak dalam upacara Tawur Agung Kesanga yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tabanan, dan diselenggarakan oleh Desa Adat Tabanan, Sabtu (13/3/2021).

Upacara yang berlangsung di Catus Pata Jalan Gunung Agung No.5, Dajan Peken, Tabanan ini, dipuput sulinggih Sarwa Sadhaka. Tak hanya itu, prosesi upacara pun hanya melibatkan sedikit orang.

Dalam upacara itu, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan Wakil Bupati I Made Edi Wirawan menghadiri dan terlibat langsung dalam prosesi yang bertujuan untuk mentralkan (nyomia) bhuta agar menjadi bhuta ita.

Baca Juga:  Wawali Arya Wibawa Kembali Tinjau Vaksinasi Massal di Kota Denpasar

Sanyaja mengatakan, kendatipun di tengah pandemi Covid-19, bukan berarti menyurutkan pelaksanaan upacara ini.

Namun, tetap dilakukan dengan catatan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Seperti menjaga jarak, memakai masker dan yang lainnya.

“Upacara Tawur Agung ini dilaksanakan setiap tahun sehari sebelum Nyepi. Dan kali ini kami minta Desa Adat Tabanan untuk menyelanggarakannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Uji 17 Sample Makanan Takjil Di Tabanan, BBPOM Denpasar Curigai Satu Makanan Mengandung Formalin

Sanjaya berharap dengan upacara Tawur Agung ini, pandemi Covid-19 yang telah berlangsung setahun sejak kasus pertama ditemukan pada 11 Maret 2020 lalu, segera sirna.

“Mudah-mudahan pandemi Covid – 19 segera berakhir. Kalau orang Bali bilang, mangde gelis metilar,” harapnya. (gd/jus/kb)