Temukan 19 Kasus Positif, Lab PCR Unwar Perlu Tambahan Realtime PCR

Denpasar
Temukan 19 Kasus Positif, Lab PCR Unwar Perlu Tambahan Realtime PCR

DENPASAR, Kilasbali.com – Untuk mempercepat diagnosa pasti dari pemeriksaan Covid-19, lab PCR milik FKIK Universitas Warmadewa (Unwar) masih memerlukan tambahan satu set lagi alat realtime PCR. Hal tersebut diungkapkan Rektor Universitas Warmadewa Prof.dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E, Sp.ParK di Denpasar (14/5/2020).

Rektor Universitas Warmadewa Prof.dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E, Sp.ParK mengatakan, saat ini lab PCR Unwar baru punya 1 set alat realtime PCR dengan kapasitas 80 sampel per hari untuk uji Swab. Jika punya 2 alat realtime PCR berarti bisa menguji 160 sampel Swab per hari.

Baca Juga:  Info dari Masyarakat, Polisi Bekuk Dua Pelaku Narkoba

“Saya sedang usulkan kepada gubernur untuk menambah satu set lagi realtime PCR untuk mendukung diagnosa pasti pemeriksaan covid-19,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Satgas Covid-19 Unwar dr. Dewa Ayu Sri Masyeni mengungkapkan lab PCR Unwar sudah beroperasi dua minggu yang lalu dan masih di bawah supervisi dari Rumah Sakit Sanglah untuk evaluasi.

Baca Juga:  Terkait PKM, Diskop Denpasar Monev Warung dan Pedagang Kaki Lima

“2 minggu 270 sampel sudah diperiksa. Selain itu juga membantu untuk ekstraksi dari RS Sanglah karena jumlah pasien yang datang sangat banyak. Jadi mereka tidak bisa mengerjakan sendiri. Kurang lebih kita menemukan 19 orang positif,” ujarnya disela-sela kunjungan Walikota Denpasar ke lab PCR Unwar.

Sri Masyeni menambahkan untuk mendukung operasional lab PCR, pihaknya juga berkolaborasi dengan menggandeng 2 orang dosen dari Poltekes Bali yang juga menguasai teknik terkait realtime PCR ini. (sgt/kb)