Terapkan Prokes, Jaya Negara Apresiasi Karya Ngadegan lan Pasupati Sesuhunan Pura Mpu Aji Dukuh Sakti Kesiman

Ceremonial Denpasar Seni Budaya
Terapkan Prokes, Jaya Negara Apresiasi Karya Ngadegan lan Pasupati Sesuhunan Pura Mpu Aji Dukuh Sakti Kesiman

DENPASAR, Kilasbali.com – Wakil Walikota Denpasar, I.G.N. Jaya Negara menghadiri karya Ngadegan Lan Pasupati Ida Bhatara Ratu Bagus Naga Petak di Pura Mpu Aji Dukuh Sakti Kesiman Denpasar, Senin (21/9/2020).

Upacara ini juga dihadiri perwakilan Penglingsir Puri Agung Kesiman, Penglingsir Agung Puri Pemayun Kesiman Gusti Ngurah Gede, Komisi IV DPRD Provinsi Bali, I Gusti Putu Budiartha, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, serta undangan lainnya.

Jaya Negara mengatakan, Kota Denpasar sebagai kota berwawasan budaya tentu denyut kehidupan masyarakatnya tak pernah lepas dari aktivitas adat, seni dan kebudayaan yang kuat. Sehingga dengan pelaksanaan karya tersebut dapat memberi kesejahteraan kepada seluruh umat.

Baca Juga:  Bali Siap Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

“Karya Ngadegan lan Pusupati ini diharapkan mampu membawa krama kedalam kesejahteraan dan kebaikan jasmani maupun rohani serta selalu dilindungi Ida Sang Hyang Widi Wasa,” ujarnya.

Mengingat masih masa pandemi Covid-19, pelaksanaan persembahyangan tetap mengikuti Protokol Kesehatan, dengan menjaga jarak tempat duduk maupun mengenakan masker saat bersembahyang. Selain itu juga dilengkapi tempat mencuci tangan sehingga pelaksanaan berjalan aman dan nyaman.

Pengempon Pura Mpu Aji Dukuh Sakti, I Wayan Loka mengatakan, karya ini merupakan ngadegang dan pasupati sesuhunan Ratu Bagus Naga Petak dan ngadegan pemangku baru.

Baca Juga:  Omzet Pedagang Janur Merosot Selama Pandemi

Kata dia, pelaksanaan telah dilaksanakan sejak empat bulan lalu, mulai Kamis (7/5/2020) dengan ngaturang pakeling, selanjutnya dilaksanakan Jumat (5/6/2020) duedin taru dan pada Rabu (16/9/2020) melaspas gedong, Senin (21/9/2020) puncak karya pasupati, piodalan dan pemelastian, sedangkan penyineban dilaksanakan Kamis (24/9/2020).

“Kami bersama warga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, dan Wakil Walikota I.G.N. Jaya Negara karena sudah bisa hadir dan telah memberikan perhatian serta bantuan kepada krama dan diharapkan juga pemerintah agar bisa terus memperhatikan kegiatan keagamaan adat, budaya dan tradisi seperti ini agar kedepannya warisan budaya Bali tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya. (sgt/kb)