Terima Konjen China, Gubernur Koster Sampaikan Ini

Denpasar
Foto: Gubernur Koster bertukar cindramata Konjen China di Denpasar Guo Haodong.

DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali Wayan Koster menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) China di Denpasar Guo Haodong, bertempat di Ruang Tamu Kantor Gubernur Bali, Denpasar pada Rabu (18/3/2020) pagi.

Maksud kedatangan Konjen Guo antara lain untuk menyampaikan salam perpisahan karena masa jabatannya di Bali akan berakhir bulan ini.

Gubernur Bali mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan hubungan baik selama ini. Sangat dirasakan persaudaraan dan kebaikan pihak Konjen, untuk bekerjasama berkontribusi membangun Bali.

“Saya senang sekali Konjen Guo bisa tugas di Bali dan masih sangat berharap melanjutkan masa jabatannya tugas di Bali,” katanya.

Gubernur Berharap Konjen Guo bisa melaksanakan tugas lebih baik dan sukses di tempat yang baru.

Gubernur juga memuji pemerintah China yang bisa cepat mengatasi Corona, dan mendoakan kasus penyebaran virus ini segera berakhir.

“Di Bali sndiri berbagai langkah pencegahan sudah kami lakukan. Kita berharap akhir bulan Maret sudah berakhir, setelah perayaan Hari Raya Nyepi,” ujarnya.

“Yang bermakna penyucian alam makro dan mikro untuk mencari titik keseimbangan baru. Keadaan saat ini saya lihat adalah bagian dari siklus alam yg harus dilewati,” lanjutnya.

Dikatakannya, kebijakan telah banyak diambil untuk pencegahan dan sejauh ini berjalan dengan baik.

“Ke depan Kami terus bersiap. Memperbaiki alam, penggunaan energi bersih dan peningkatan kualitas wisata sehingga nanti Bali bisa jadi tujuan wisata terbaik,” pungkasnya.

Sementara itu Konjen Guo Haodong menyampaikan, selama dua tahun di Bali, pihaknya mendapat dukungn luar biasa, dari teman dan saudara Bali.

“Saya tetap akan turut kegiatan-kegiatan promosi yang mendorong hubungn baik persaudaraan dengan Bali,” ujarnya.

Pihaknya juga memastikan akan terus berupaya mempromosikn Bali kepada masyarakat Tiongkok.

“Saya sangat mencintai Bali dan sudah punya pengetahuan cukup dalam tentang Bali, adat istiadat termasuk filosofi Tri Hita Karana,” ungkapnya.

Pemerintah China, kata dia, akan melanjutkan kerjasama di bidang pendidikan, ekonomi dan budaya ke depannya.

“Pemerintah kami total menghabiskn 2 bulan untuk melawan Covid 19. Hasilnya di Wuhan sekarang tidak ada kasus baru lagi. Hanya ada pasien yang menunggu penyembuhan,” ungkapnya.

Kabar baiknya, lanjut di, pemerintah China sudah uji coba vaksin di tubuh manusia. Jika sudah selesai bisa secepatnya didistribusikn dan bisa cepat meredakan wabah ini.

“Kami sangat percaya bahwa ke depan kita bisa kendalikan virus Corona ini,” ujarnya.

“Dan setelah benar-benar hilang, setelah ini saya yakin akan makin banyak turis yang datang ke Bali,” pungkasnya. (rls/kb)