Tertimpa Senderan, Bangunan Pura Dalem Gandamayu Hancur

Gianyar Peristiwa
Foto : Bangunan Pura Dalem Gandamayu tampak rusak parah setelah tertimpa longsoran senderan Pura Taman Ayu di Banjar Lebah, Desa Bukian, Payangan, Gianyar.
  • Pelantikan Bupati Jembrana

  • Pelantikan bupati tabanan 2021
  • Pelantikan bupati tabanan 2021
  • Pelantikan bupati tabanan 2021

GIANYAR, Kilasbali.com – Memasuki bulan Februari 2021, bencana alam di tengah cuaca ekstrem rupanya belum mereda di tengah pandemi Covid-19. Di Payangan Gianyar, sebuah bangunan suci di Pura Dalem Gandamayu, Banjar Lebah, Desa Bukian, Payangan, Gianyar, hancur tertimpa senderan.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Hanya saja pihak Desa Adat Lebah mengalami kerugian mencapai Rp1 miliar.

Dari keterangan yang diterima, Rabu (3/2/2021), bencana ini terjadi Selasa malam, di mana sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah Payangan dan sekitarnya sejak Selasa siang hingga malam.

Baca Juga:  Update Covid-19 di Kota Denpasar, Positif 141 Orang

Kemudian sekitar pukul 19.30 WITA, tiba-tiba senderan Pura Taman Ayu longsor dan menimpa bangunan Pura Dalem Gandamayu yang ada di sebelah selatan.

Senderan Pura Taman Ayu longsor menimpa bangunan Pura Dalem Gandamayu yakni Bale Pemiosan, Penyengker, hingga Bale Kulkul. Adapun senderan yang terbuat dari material batu yang longsor sepanjang 35 meter dengan tinggi 15 meter.

Bendesa Adat Lebah, Ida Bagus Putu Arka mengungkapkan, sebelum kejadian Payangan dan sekitarnya diguyur hujan deras. Namun tiba-tiba senderan Pura Taman Ayu longsor dan menimpa bangunan di Pura Dalem Gandamayu yang ada dibawahnya.

Baca Juga:  Isolasi Mandiri Rentan Penularan, Pemkot Denpasar Lanjutkan Isolasi di Hotel

“Pasca longsor, masyarakat belum melakukan pembersihan,” ujarnya.

Pihaknya masih menunggu koordinasi dengan BPBD Gianyar yang rencananya akan menurunkan alat berat untuk membersihkan longsoran tersebut.

Dikatakan, senderan tersebut baru diperbaiki tahun 2020 lalu menggunakan dana hibah. Namun kini senderan sudah longsor dan menimpa sejumlah bangunan di Pura Dalem Gandamayu hingga kondisinya rusak parah.

Baca Juga:  'Banting Stir' Pelaku Wisata Beternak Kambing

Atas kejadian itu, diperkirakan kerugian mencapai Rp 1 miliar. Dengan rincian Bale Pemiosan Rp 225 juta, Penyengker dan Bale Kulkul Rp 125 juta, dan senderan Rp 650 juta. Karena bangunannya Bale Kulkul, Bale Pemiosan dan penyengker itu hancur total.

Atas musibah ini pihak Desa Adat akan segera minta petunjuk kepada Ida Pedanda mengenai upakara apa yang akan digelar pasca peristiwa tersebut. Terlebih pada bulan Maret 2021 nanti akan dilangsungkan Pujawali. (ina/kb)