TNI-Polri dan Masyarakat ‘Serbu’ Pantai Kelanting

Denpasar News Update
TNI-Polri dan Masyarakat 'Serbu' Pantai Kelanting

TABANAN, Kilasbali.com – Kodim 1617/Tabanan menginisiasi penyelenggaraan kegiatan Karya Bakti Pembersihan Pantai di wilayah Kabupaten Tabanan.

Kegiatan pembersihan pantai kali ini ‘menyerbu’ kawasan Pantai Kelanting, Desa Kelanting, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Jumat (09/04/2021) dengan melibatkan sejumlah 451 peserta yang terdiri dari unsur Kodim 1617/Jembrana, Polres Tabanan, Rindam IX/Udayana, TNI AL Pos Yeh Gangga, BNPB Kabupaten Tabanan, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Pemkab Tabanan, Aparat Kecamatan Kelanting, FKPPI, LDII Kabupaten Tabanan, Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1617/Tabanan, Trash Hero Chapter, Aparat Desa Kelanting serta warga masyarakat setempat.

Dandim 1617/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto memimpin langsung karya bakti ini bersama Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy Panca Sakti Siregar, S.I.K., M.H. dengan didampingi oleh Para Perwira Staf dan Danramil Kerambitan.

Baca Juga:  Penertiban Prokes PPKM, Tim Yustisi Jaring 4 Pelanggar di Lapangan Puputan Badung

Pada kesempatan tersebut Dandim 1617/Jembrana menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas kehadiran seluruh peserta dalam jumlah signifikan 451 orang untuk bersama-sama dalam rangka membersihkan area Pantai Kelanting.

“Kami mengapresiasi semangat dan antusias aparat bersama warga masyarakat pada kegiatan karya bakti pembersihan kali ini dengan area sasaran di Pantai Kelanting,” kata Dandim.

Hal ini menunjukan kita semua memiliki satu tekad yang sama untuk dapat menjaga kebersihan Pantai utamanya dari sampah-sampah organik maupun anorganik. Sampah anorganik seperti sampah plastik tentu akan sangat berbahaya bagi kelestarian pantai dan laut. Pantai dan lingkungannya harus tetap terjaga karena seperti kita ketahui untuk di Bali, pantai merupakan obyek wisata yang sangat dikunjungi warga sekaligus sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Agama Hindu di waktu-waktu tertentu bila ada acara keagamaan.

Baca Juga:  Tim Advokasi Penegak Dharma Laporkan Istiqomah TV Atas Dugaan Penodaan Agama Hindu

“Mari kita bersihkan pantai kita dengan semangat dan bergembira, sampah organik dikumpulkan di pinggir pantai, tidak ada bakar sampah, sementara sampah anorganik kita pungut, kumpulkan di truk dan nantinya dibuang di tempat pembuangan akhir atau TPA,” jelas Dandim Hartanto yang berharap kegiatan ini bisa terlaksana secara rutin melalui pelaksanaan Jumat Bersih.

Baca Juga:  Update Penanggulangan Covid-19, Sabtu 17 April 2021

Senada, Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy Panca Sakti Siregar, S.I.K., M.H., mengajak semuanya untuk mengantisipasi terjadinya wabah karena sampah, untuk itu dirinya mengajak semua pihak untuk rajin-rajin membersihkan pantai.

Sampah yang ada di pantai tidak semata-mata merupakan hasil sampah setempat tetapi juga merupakan sampah kiriman yang dibawa oleh air sungai yang bermuara di pantai. (Bgs/Penrem)