Ucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Gubernur Koster Imbau Tetap Ikuti Protokol Kesehatan Covid-19

Denpasar
Foto: Gubernur Bali, Wayan Koster.

DENPASAR, Kilasbali.com – Pemerintah Provinsi Bali bersama Majelis-Majelis Agama mengucapkan selamat mejalankan Ibadah Puasa dan Ramadhan 1441 Hijriyah kepada seluruh Umat Muslim dimanapun berada. Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster di Denpasar, Jumat (24/4/2020).

“Saya selaku pribadi maupun sebagai Kepala Pemerintahan Provinsi Bali, mengajak seluruh Umat Muslim khususnya dan Masyarakat Bali umumnya untuk bersama-sama menyambut kedatangan bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan mulia ini. Mari Kita jadikan bulan suci ini sebagai upaya meningkatkan kualitas diri secara rohaniah sebagai wujud pelaksanaan nilai-nilai keagamaan sebagaimana diajarkan dalam Kitab Suci Alqur’an,” ujarnya.

Gubernur Koster mengajak Umat Muslim agar melaksanakan Ibadah Puasa dan Ramadhan ini dengan penuh ketulusan dan kebaikan yang ada di dalam diri masing-masing guna meningkatkan ketaqwaan dan keimanan di jalan yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga Ibadah Puasa berjalan dengan penuh berkah sampai Ramadhan tiba.

Baca Juga:  Masih Ditemukan Warga Keluar Rumah Tanpa Masker

“Ibadah Puasa ini hendaknya dijadikan sebagai momentum bagi Umat Muslim dalam meningkatkan kualitas kerohanian dan spiritualitas guna mengembangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuhnya.

Kepada umat beragama lain di Bali, Gubernur Koster meminta agar menunjukkan toleransi yang tinggi dengan menghormati dan menghargai saudara-saudara Umat Muslim sebagai sesama Sameton Bali, sehingga terwujud suasana kehidupan secara harmonis di Bali.

Dengan makna bulan Puasa ini, kata dia, diharapkan semua Umat Muslim bersama umat beragama lainnya di Bali akan memiliki kekuatan solidaritas, kohesi sosial, parasparo – gilik saguluk, menyama braya, bergotong- royong, selalu bersama-sama nindihin gumi Bali.

Baca Juga:  Perkuat Bali, Sukahet; Desa Adat Harus Bebas dari Ancaman

“Hal ini sangat diperlukan dalam membangun Bali sesuai Visi Pembangunan Daerah Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. Sehingga pada saat yang tepat, sesuai kehendak dan siklus alam, akan benar-benar hadir Bali Era Baru, suatu era yang Kita tunggu bersama-sama,” ungkapanya.

Baca Juga:  Putus Mata Rantai Penularan, Dewa Indra Minta 'Tajen' Dihentikan

Dalam kesemapatn ini Gubernur asal Sembiran ini juga menyampaikan kepada Umat Muslim dalam melaksanakan Ibadah Puasa ini agar tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan tertib dan disiplin yaitu: bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah, serta membatasi aktivitas dan interaksi dengan banyak orang. Dengan tetap menjaga kesehatan, mengkonsumsi makanan yang berkualitas pada saat Sahur dan Berbuka Puasa, sehingga memiliki kekebalan (imun) tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Saya harap semoga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dengan setulus-tulusnya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkasnya. (jus/kb)