Unit Opsnal Polres Tabanan Ungkap Kasus Penggelapan Mobil

Kriminal Tabanan
Unit Opsnal Polres Tabanan Ungkap Kasus Penggelapan Mobil

TABANAN, Kilasbali.com – Unit Opsnal Polres Tabanan mengungkap kasus penipuan atau panggelapan mobil, pada hari Selasa, (25/1/2021).

Adapun modus operandinya, pelaku menyewa mobil dengan alasan untuk mengangkut barang, kemudian mobil dibawa ke Jawa untuk digadaikan.

Kasat Reskrim Polres Tabanan AKP I Made Pramasetia menyatakan pengungkapan ini berdasarkan laporan LP-B/08/I/2021/Bali/Res Tbn, tanggal 23 Januari 2021 tentang Penipuan atau Penggelapan Mobil. LP-B/09/I/2021/Bali/Res Tbn, tanggal 25 Januari 2021 tentang Penipuan atau Penggelapan Mobil. LP-B/10/I/2021/Bali/Res Tbn, tanggal 25 Januari 2021 tentang Penipuan atau Penggelapan Mobil.

Adapun Tempat Kejadian Perkara yakni
di perumahan Graha Luhur Damai Blok N No 13 yang berlokasi di Br. Pandak, Ds. Pandak, Kediri dengan pelapor Nuril Hidayat, seorang Karyawan Swasta.

Baca Juga:  Pantau Pos Penyekatan, Dandim Tabanan Ingatkan Protokol Kesehatan¬†

AKP I Made Pramasetia menjelaskan pada hari senin 07 Desember 2020 pukul 18.30 wita tersangka I Putu Ganti Yasa berkunjung ke tempat usaha pelapor di Br. Pipit Desa Canggu dengan tujuan untuk meminjam mobil dengan mengatasnamakan Wayan untuk pindah kost dari Kelan ke Br. Pande Kediri.

Kemudian pelapor sarankan untuk langsung mengambil mobil ke rumahnya bersama Wayan. Sekitar 25 menit kemudian pelapor menghubungi Wayan. Ternyata Wayan tidak ada meminjam mobil dengan pelapor.

Setelah itu pelapor menghubungi istrinya di rumah dan ternyata mobilnya jenis Toyota Avansa DK-1263-PE sudah diberikan kepada tersangka oleh istrinya.

Baca Juga:  Pemprov Bali Serahkan Sumbangan Senilai Rp 517 Juta Lebih untuk Korban Bencana NTT

“Pelapor juga sudah menghubungi nomor hp tersangka namun sudah tidak aktif,” ujarnya.

Melalui penyelidikan di lapangan kemudian didapatkan informasi bahwa tersangka berada di wilayah Probolinggo, Jawa Timur, kemudian pada hari Minggu, tanggal 24 Januari 2021 sekira pukul 07.00 wita atas perintah Kasat Reskrim kepada Kanit 1 Reskrim beserta Tim Opsnal melaksanakan penyelidikan terkait kasus penggelapan mobil di wilayah Probolinggo, Jawa Timur, Kemudian tim berkordinasi dengan Polres Probolinggo, sehingga tim mendapat informasi bahwa tersangka beserta barang bukti berada di wilayah Kraksan, Probolinggo.

Kemudian sekitar pukul 02.00 Wita Tim Opsnal Polres Tabanan yang di backup Polres Probolinggo berhasil mengamankan terduga pelaku beserta barang bukti yang berkaitan dengan tindak pidana penggelapan mobil. Selanjutnya pelaku dan barang bukti diawa ke Polres Tabanan guna penyidikan lebih lanjut.

Baca Juga:  Pemkot Denpasar - Kejari Resmi Kerjasama Bidang Perdata dan TUN

Barang bukti yang diamankan Polisi yakni
1 buah Mobil Suzuki Apv Pick up dengan nopol Dk 8789 GH warna hitam, 1 buah Mobil Daihatsu Feroza dengan nopol DK-1743-EB Biru Metalik dengan nopol terpasang L-1455-ZD, 1buah Hp Oppo Warna Putih, 1 buah Hp Samsung warna hitam, 1 buah Hp Nokia warna biru, dan 1 buah tas selempang warna hitam.

(sgt/kb)