“Volcano Run 5K”, Kenalkan Kawasan Geopark Batur

Bangli Olahraga
Foto: Bupati Bangli melapas peserta lari lintas alam "Volcano Run 5K.

BANGLI, Kilasbali.com – Memperingati Hari Ulang Tahun Ke 74 Kemerdekaan RI, Kodim 1626/Bangli bekerjasama dengan Toya Devasya menggelar kegiatan Lari Lintas Alam bertajuk “Volcano Run 5K 2019”. Lari lintas alam yang diikuti ratusan peserta dari sembilan kabupaten/kota se-Bali ini, menempuh rute di seputaran Pura Tampuryang Toya Bungkah Kintamani Bangli, Sabtu (10/8/2019).

Kegiatan yang mengambil Tema “Melalui Kegiatan Komsos Kreatif, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta Menjaga dan Mempertahanakan Kedaulatan NKRI” ini, dilepas langsung oleh Bupati Bangli I Made Gianyar didampingi GM Toya Devasya I Ketut Marjana dan sejumlah undangan serta tokoh masyarakat setempat.

Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto menjelaskan, kegiatan Volcano Run 5K ini merupakan kolaborasi dengan kegiatan Komunikasi Sosial Kreatif Kodim 1626/Bangli Tahun 2019.

“Komunikasi sosial Kreatif Kodim 1626/Bangli bertujuan untuk menjalin komunikasi yang sehat dan hormanis melalui perlombaan untuk meningkatkan tali silahturami antara TNI dengan segenap komponen bangsa, dengan sasaran dan obyek kegiatan yaitu pelajar, mahasiswa, masyarakat dan insatansi pemerintahan,” jelas Dandim.

Menurutnya, dipilihnya kegiatan lari lintas alam adalah untuk melahirkan bibit-bibit baru di bidang olahraga lari. Selain itu, juga untuk menjaga dan mengenal lingkungan serta mempromosikan obyek wisata Kintamani yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bangli.

Sementara itu, Putu Astiti Saraswati Ketua Pengda PASI Kabupaten Bangli menjelaskan, kegiatan lomba lari di kawasan Geopark Batur ini akan menjadi agenda tahunan PASI Kabupaten Bangli yang terdaftar di PASI Pusat Jakarta bekerja sama dengan Toya Devasya Infinite Harmony.

“Kita menginginkan lomba lari bertajuk “Volcano Run”, bisa sejajar dengan berbagai lomba lari lainnya, terutama mengambil lokasi lokasi di kawasan wisata yang sudah terkenal seperti Borobudur Run di Jawa Tengah,” katanya.

“Saya dengar Borobudur Run namanya telah mendunia dan diikuti oleh peserta internasional berbagai negara dan saya yakin “Volcano Run” ini mampu menjaring peserta dari berbagai negara mengingat nama Geopark Batur telah mendunia dan Bali adalah destinasi wisata terkenal di dunia”, tambahnya. (jus/kb)