Wagub Cok Ace Dorong Universitas di Bali Kerjasama dengan Universitas Luar Negeri

Badung Pendidikan
Foto: Wagub Cok Ace saat membuka acara Council of Rector of Indonesian State University (CRISU)-Council of University President of Thailand (CUPT) Conferrence in Bali yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana, bertempat di Udayana International Convention Center (UICC) Bukit Jimbaran, Jumat (25/10/2019).

MANGUPURA, Kilasbali.com – Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, tentunya dunia pendidikan sangat memegang peranan penting terlebih pada Perguruan Tinggi.

Guna meningkatkan kualitas tersebut, maka perlu adanya suatu jalinan kerjasama akademik antar Universitas yang ada di Bali dengan Universitas yang ada di luar negeri.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, saat membuka acara Council of Rector of Indonesian State University (CRISU)-Council of University President of Thailand (CUPT) Conferrence in Bali yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana, bertempat di Udayana International Convention Center (UICC) Bukit Jimbaran, Jumat (25/10/2019).

“Dalam menghadapi persaingan global, tidak menampik kemungkinan kita harus aktif melakukan kerjasama dengan dunia luar, baik dalam meningkatkan kapasitas dunia akademik maupun kualitas SDMnya karena pertukaran pengetahuan sangat penting untuk membuka lebar cakrawala pengetahuan kita,” ujar Wagub Cok Ace.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Cok Ace ini memberikan apresiasi atas dipilihnya Bali sebagai tuan rumah dari pertemuan rektor anggota dari CRISU-CUPT ini.

Menurutnya, konferensi tersebut selaras dengan komitmen Pemerintah Provinsi Bali dalam visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” khususnya pada bagian Jana Kerthi yaitu mewujudkan sumber daya manusia Bali yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Penyelenggaraan konferensi seperti ini tentu akan mengawali kerjasama yang lebih erat, baik antar Universitas di Bali maupun antar Universitas di Thailand.

Sedangkan terkait topik yang akan dibicarakan yaitu “Higher Education in Digital Era,” menurut Wagub Cok Ace merupakan topik yang cukup menarik. Dimana di era digital saat ini, dibutuhkan suatu ide kreatif dan inovasi sebagai keunggulan utama dalam persaingan global.

“Untuk mendorong inovasi memang tidak mudah, oleh sebab itu kita semua perlu bekerjsa sama dan bersinergi, baik dari akademisi, maupun dari industry dan pemerintah,” pungkasnya.

Sementara itu, President of The Council of University Presidents of Thailand (CUPT) Prof. Dr. Suchatvee Suwansawat, menyampaikan terimakasih atas sambutan baik dari Pemerintah Provinsi Bali dan Universitas Udayana.

Dalam konferensi ini pihaknya akan membahas beberapa isu terkait Peran Perguruan Tinggi di Era Digital. “Kami harap ada pertukaran informasi yang positif dan berdampak baik bagi kelangsungan pendidikan pada dua Negara, sehingga peningkatan sumber daya manusia dapat dilakukan secara maksimal,” harapnya.

Acara yang dimotori oleh Universitas Udayana dan juga bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja serta Institut Seni Denpsar tersebut, juga menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Anggota DPD RI Dapil Bali Made Mangku Pastika dan Director English, Education and Society dari Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia Mr. Colm Downes, serta hadir pula beberapa undangan terkait lainnya. (rls/kb)