Walikota Jaya Negara Kukuhkan Forum Pekaseh Kota Denpasar

Denpasar News Update
Walikota Jaya Negara Kukuhkan Forum Pekaseh Kota Denpasar

DENPASAR, Kilasbali.com – Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengukuhkan Forum Pekaseh Kota Denpasar. Pengukuhan ditandai penyematan pin kepada Ketua Forum Pekaseh, I Wayan Jelantik yang dilaksanakan Jumat (27/8/2021) di Kantor Walikota Denpasar.

Forum Pekaseh ini menurut Walikota Jaya Negara dibentuk untuk melestarikan keberadaan subak di Kota Denpasar yang mana keberadaan lahan pertanian di Kota Denpasar makin terhimpit kawasan pemukiman.

Di samping itu minat generasi muda untuk menekuni pertanian dewasa ini semakin menurun. Dibentuknya Forum Pekaseh ini sebagai media komunikasi antar petani di Kota Denpasar dalam mempertahankan eksistensi subak dan menggairahkan minat generasi muda untuk menekuni pertanian.

Baca Juga:  Persit Peduli Bagikan Nasi Kotak

“Saya berharap dengan dikukuhkannya forum Pekaseh ini kedepannya dapat tetap menjaga dan melestarikan keberadaan Subak sebagai warisan budaya dengan konsep Tri Hita Karana yaitu Prahyangan, Pewongan dan Palemahan yang merupakan salah satu bagian dari eksistensi subak,” ujar Jaya Negara.

Sementara Ketua Forum Pekaseh Kota Denpasar, I Wayan Jelantik berharap generasi muda juga dapat mengambil andil dalam bidang pertanian, apalagi dalam masa pandemi. Usaha pertanian cukup menjanjikan dan bisa bertahan dalam masa pandemi.

“Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa generasi muda harus mulai menggeluti profesi dan usaha di bidang pertanian. Jangan malu jadi petani, petani adalah profesi yang mulia,” katanya.

Baca Juga:  Sistem Genap Ganjil Untuk Kendalikan Kemacetan di Tempat Wisata

Selebihnya Wayan Jelantik mengatakan koperasi untuk petani telah terbentuk. Hal ini diharapkan seluruh pekaseh dapat bekerjasama sehingga kedepannya koperasi ini dapat berjalan dengan lancar.(kb/rls)