Walikota Lirik Rumah Kost di Denpasar Jadi Tempat Isolasi

Denpasar Sosial
Walikota Lirik Rumah Kost di Denpasar Jadi Tempat Isolasi

DENPASAR, Kilasbali.com – Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan, saat ini pihaknya sedang melirik keberadaan rumah kos di Denpasar yang layak dijadikan tempat isolasi bagi pasien covid-19 yang berstatus Orang Tanpa Gejala dan Gejala Ringan (OTG GR).

Namun hal tersebut menurutnya baru rencana, karena saat ini Pemkot Denpasar tengah fokus menyiapkan 180 kamar hotel sebagai tempat isolasi.

“Kita memang memiliki tantangan baru lagi, karena pemerintah pusat sudah menghentikan karantina. Karena di Denpasar perkembangan kasus secara jujur hampir setiap harinya hampir rata-rata 140. Ya 15 persennya masuk rumah sakit, sisanya harus isolasi mandiri,” ucapnya saat ditemui usai upacara peringatan Hut Kota Denpasar, Sabtu (27/2/2020).

Baca Juga:  Putri Koster: Kartini Milenial Jangan Abaikan Ranah Domestik

Jaya Negara mengatakan pihaknya juga akan melihat kelayakan dan kondisi rumah kos sebelum dijadikan tempat isolasi mandiri. Jika tidak memungkinkan, Pemkot tetap berkomitmen akan menyewakan dan menyiapkan fasilitas karantina.

“Sekarang ini kita sudah menyiapkan untuk 180 kamar. Kedepannya kami akan bersinergi dengan pemerintah desa dan kelurahan. Kita akan membuat inovasi dimana karantina itu ada di desa/kelurahan.

Siapa tahu di desa atau kelurahan memiliki kos-kosan yang layak dan sesuai standar kesehatan. Kenapa kita tidak manfaatkan itu,” sebutnya.

Baca Juga:  Melalui Perisai Diri, Putri Koster Pompa Semangat Anak Muda Terus Berkarya dan Berprestasi

Menurutnya, di satu sisi masyarakat yang memiliki kos-kosan juga mendapatkan dampak. Sedangkan kontrol terhadap isolasi mandiri itu bisa diawasi oleh pecalang dan kepala desa maupun kepala dusun yang ada, tentunya juga melibatkan Satgas Covid masing-masing desa/kelurahan.(sgt/kb)