Warga Bulgaria Pelaku Bobol ATM Ditangkap Tim Resmob Polda Bali

Denpasar Kriminal
Warga Bulgaria Pelaku Bobol ATM Ditangkap Tim Resmob Polda Bali

DENPASAR, Kilasbali.com – Polda Bali berhasil menangkap pelaku Transnational Crime yakni pelaku kejahatan Skimming dan pembobolan ATM di wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat. Pelaku merupakan seorang WNA asal Bulgaria bernama Ilias Danimil Saif alias Rehman.

Dir. Reskrimum Polda Bali Kombes Pol. Djuhandani Rahardjo Puro, Senin (29/3/2021) mengatakan pelaku ditangkap berdasarkan laporan dari Ketut Adi Kurniawan untuk kasus curat dan Nyoman Suasnita untuk kasus Skimming.

Untuk kasus curat pelaku melakukan aksinya tanggal 15 Maret 2021 di Jalan Uluwatu, Kelurahan Jimbaran, Kuta Selatan Badung. Sedangkan untuk kasus Skimming pelaku beraksi tanggal 12 Maret 2021 di ATM kawasan Tanjung Benoa dan ATM di Umalas Canggu, Kuta Utara.

Baca Juga:  Dugaan Pelecehan Agama Hindu, AWK Minta Tetap Diproses Hukum

Tersangka Rehman dijerat Pasal 363 (Curat), pasal 406 KUHP (Pengerusakan) dan Pasal 30 ayat 1 Jo Pasal 46 ayat 1 UU Tahun 2016 Tentang Perubahan UU nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (Skimming) Jo Pasal 53 KUHP.

Adapun modus curat, tersangka melakukan pencurian dengan merusak ATM menggunakan linggis dan berhasil menggasak uang sebesar Rp 2.500.000 di ATM Jalan Uluwatu.

Sedangkan untuk Skimming, tersangka pelaku membongkar Pin cover ATM kemudian mengganti dengan Pin cover yang sudah berisi spy camera/ hidden camera lalu memasukkan deep skimmer pada mulut card reader mesin ATM dengan tujuan merekam data nasabah yang melakukan transaksi.

Baca Juga:  Dukung Seniman di Tengah Pandemi, Film “Pan Balang Tamak” Akan Tayang Perdana di Dharma Negara Alaya

Pelaku akhirnya bisa ditangkap Jumat tanggal 26 Maret 2021, di wilayah Batu Bolong Kuta Utara.

“Setelah didalami, pelaku ternyata bekerja sendiri. Untuk TKP luar bali, Polda Bali sudah berkoordinasi dengan Ditreskrimum Polda NTB,” sebut Kombes Djuhandani.(sgt/kb)