Warga Denpasar Kembali Bisa Nikmati Program Dokar Gratis

Denpasar Hiburan Seni Budaya

– Bisa Dinikmati Setiap Sabtu dan Minggu

DENPASAR, Kilasbali.com – Program dokar gratis garapan Pemerintah Kota Denpasar kembali dioperasikan, setelah sempat dihentikan sementara pada bulan April lalu akibat merebaknya Covid-19.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani program ini sempat dihentikan karena adanya pandemi Covid-19.

Selain itu, anggaran yang dialokasikan pun juga habis dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Namun, per hari Sabtu (3/10/2020), program ini sudah mulai dioperasikan kembali.

“Dari seminggu yang lalu kami telah menghubungi dokar-dokar yang akan beroperasi. Mulai Sabtu mereka sudah bisa beroperasi seperti dulu setiap Sabtu dan Minggu dari pagi sampai pukul 4 sore itu gratis,” ujar Dezire Minggu (4/10/2020).

Baca Juga:  Aktifkan Ronda Malam, Pemecutan Kelod Intensifkan Patroli Ajak Warga Disiplin Prokes

Terdapat 8 dokar yang turun ke lapangan untuk beroperasi seperti sebelumnya. Adapun untuk rutenya, Dezire menyatakan, masih seputar kawasan heritage.

“Jadi nanti naik dari Kantor TIC sampai kembali lagi ke Gajah Mada,” jelasnya.

Terkait pengoperasian di tengah pandemi Covid-19 ini, Dezire mengaku protokol kesehatan tetap menjadi yang utama. Dimana, untuk 1 dokarnya hanya boleh mengangkut maksimum 3 orang.

Baca Juga:  Bade Setinggi 20 Meter Roboh dan Timpa Dapur Warga

“Protokol kesehatannya untuk 1 dokar maksimum mengangkut 3 orang. Sopir dokar dibekali hand sanitizer dan diwajibkan menggunakan masker. Jadi bagi masyarakat yang ingin menikmati silakan,” katanya.

Sementara itu, salah satu kusir dokar, Made Puja menyambut baik program dokar gratis mulai beroperasi kembali, meski masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya.

Puja mengatakan, pada hari normal untuk sekali tur pihaknya mematok Rp 50 ribu. Namun karena dibiayai pemerintah, menikmati keliling dengan dokar menjadi gratis.

Baca Juga:  Kompak, TNI-Polri Olahraga Bersama

Terkait insentif yang, ia mengungkapkan dalam sehari mendapatkan Rp 280 ribu dari pemerintah. Puja menilai program dokar gratis ini sangat baik dan berharap berlaku seterusnya.

“Becik, becik. Harapannya program ini digelar untuk seterusnya,” pungkasnya.(sgt/kb)