Wujud Sradha Bhakti, Sanjaya dan Edi Wirawan Sembahyang di Pura Candi Mas

Seni Budaya Tabanan Tokoh
Sanjaya dan Edi Wirawan Sembahyang di Pura Candi Mas

TABANAN, Kilasbali.com – Bupati terpilih dalam Pilkada Serentak di Kabupaten Tabanan kemarin, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., melaksanakan persembahyangan di Pura Luhur Candi Mas, Desa Candi Kuning, Baturiti, Tabanan, Kamis (14/1/2021).

Persembahyangan bertepatan dengan pujawali ini, dipimpin langsung oleh pemangku pura setempat dan diikuti oleh puluhan krama pengempon pura dan warga sekitar.

Turut hadir saat itu, Wakil Bupati Tabanan Terpilih Edi Wirawan dan anggota DPRD Kabupaten Tabanan I Nyoman Suta, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat, Perbekel dan tokoh masyarakat setempat.

Sanjaya yang kini masih menjabat Wakil Bupati Tabanan ini mengatakan, persembahyangan ini juga merupakan wujud sradha bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa dan segala bentuk manifestasinya.

Baca Juga:  Polres Tabanan Gelar Doa Bersama untuk Korban Gempa Mamuju dan Korban Banjir Kalsel

“Ini adalah kesempatan pertama melakukan persembahyangan di Pura Luhur Candi Mas, Candi Kuning,” ujarnya.

“Apapun yang kita lakukan tanpa restu dari Beliau, tidak akan berjalan lancar. Astungkara selama ini kita diberikan restu, taksu dan tuntunan, sehingga apa yang kami lakukan selalu disertai untuk ngayah bagi masyarakat Tabanan,” lanjutnya.

Untuk itu, kedepannya Sanjaya berkomitmen untuk terus berkontribusi demi kelestarian larahyangan, baik fisik maupun non fisik. Karena menurutnya segala yang ada di dunia ini sumbernya adalah Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga:  Jalan Jebol di Perumahan Graha Asri Persada

Tidak lupa juga pada kesempatan tersebut, Sanjaya mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Tabanan dalam menjalani masa PPKM ini (11 Januari 2021-25 Januari 2021), untuk lebih disiplin menerapkan anjuran dari pemerintah terkait protokol kesehatan serta mentaati semua imbauan dari pemerintah demi keselamatan bersama.

“Begitupun dengan kami di pemerintah tidak akan henti-hentinya selalu mengimbau masyarakat untuk selalu mentati prokes, khususnya 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan menjaga jarak. Serta jaga imun dengan selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih, sebelum vaksin itu diedarkan secara gratis di masyarakat,” pinta Sanjaya.

Baca Juga:  Vaksin Covid-19 Telah Lolos Uji BPOM

Ia juga meyakini, di masa pandemi ini seluruh elemen masyarakat Tabanan selalu mentaati himbauan dan menerapkan prokes secara disiplin.

Untuk itu saya mengajak seluruh elemen masyarakat Tabanan agar lebih meningkatkan kedisiplinan tersebut, sehingga badai ini bisa segera diakhiri, khususnya di Kabupaten Tabanan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pujawali sekaligus Bendesa Adat Desa Candi Kuning IGN Agung Artanegara, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wabup Sanjaya beserta undangan lainnya.

Menurutnya, meskipun pujawali kali ini tidak seramai pujawali sebelum-sebelumnya, namun sehabis pujawali tetap dilaksanakan ritual nyejer selama tiga hari, yang tentunya berpedoman terhadap prokes yang telah ditetapkan. (rls/kb)