Wujudkan Swasembada Pangan, Kodim Tabanan Tanam Jagung

Sosial Tabanan
Foto: Kegiatan penanaman jagung Sawah Demplot di Subak Timpag Banjar Meliling Kawan, Desa Meliling, Kerambitan, Tabanan dengan luas lahan 50 are milik Distan Prov. Bali, Senin (29/07/2019).

TABANAN, Kilasbali.com – Demplot atau Demontrasi Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan.
Demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, varietas unggul baru, pemupukan dan lain-lain yang disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.

Kodim 1619/Tabanan melaksanakan kegiatan penanaman jagung Sawah Demplot di Subak Timpag Banjar Meliling Kawan, Desa Meliling, Kerambitan, Tabanan dengan luas lahan 50 are milik Distan Prov. Bali, Senin (29/07/2019).

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto mengatakan, kegiatan tanam jagung Demplot merupakan salah satu jenis tanaman bernilai ekonomis tinggi, untuk itu penanaman jagung yang baik perlu diperhatikan.

“Pada pelaksanaan Demplot tanaman jagung ini merupakan hasil dari uji coba bibit jagung Hibrida dan pupuk organik Bio Trent, selain itu juga sebagai pendukung salah satu program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam mensukseskan program swasembada tanaman pangan selanjutnya,” jelsnya.

Dikatakannya, demplot tanaman jagung ini diharapkan juga berdampak pada peningkatan, pengetahuan dan keterampilan petani, sehingga kedepannya produktivitas tanaman jagung di wilayah Kabupaten Tabanan semakin meningkat.

Dalam pelaksanaan kegiatan Demplot penanaman jagung ini turut hadir juga Pabandya Wanwil Kodam IX/Udayana (Letkol Arm Yudi Hermansjah S.H), Kadistan Kab. Tabanan diwakili Kabid produksi (Ir. I Wayan Suandra), Pasi Ter Kodim 1619/Tabanan (Kapten Inf I Ketut Suardana), I Wayan Pasek Suardika S.p. beserta anggota PPL se-Kecamatan Kerambitan, Para Danramil se-Kodim 1619/Tabanan beserta anggota Kodim 1619/Tabanan. (kb)