XRide Pinjaman Kehabisan BBM, Dedik Curi Supra

Gianyar Hukum Kriminal
Foto: Dedik Iswanto alias Adiman saat diamankan di Polsek Payangan.

GIANYAR, Kilasbali.com – Ada-ada saja ulah pencuri sepeda motor yang terjadi di Kabupaten Gianyar yang membuat geleng-geleng kepala. Lantaran motor yang dipinjam pelaku Dedik Iswanto alias Adiman mogok, pelaku malah nekat mencuri motor. Anehnya, pelaku pun tak sadar, jika motor yang dicurinya, lebih murah dengan dari motor yang ditinggalkannya di TKP.

 

Kapolsek Payangan, AKP I Gede Sudyatmaja mengatakan, kasus ini berawal saat pelaku Dedik yang tinggal sementara di wilayah Banjar Seseh, Desa Singapadu, Sukawati ini meminjam motor Yamaha XRide DK 2607 FV, milik temannya, Selasa (16/7/2019) lalu.

 

“Saat itu, pelaku mengaku akan mencari pekerjaan, dengan mengambil rute ke Payangan,” jelasnya, Jumat (19/7/2019).

 

Ketika berada di Banjar Ponggang, Desa Puhu, Payangan, bensin kendaraan yang dipinjam pelaku habis. Saat itu, ia melihat sepeda motor Honda Supra tahun 2000, yang kuncinya masih nyantol. Tanpa basa-basi, pelaku akhirnya melarikan kendaraan tersebut.

 

Namun dalam aksinya, pelaku sendiri meninggalkan jejak, yakni meninggalkan sepeda motornya. “Motornya mogok lantaran BBM habis, pelaku justru melarikan motor orang lain, sementara motornya sendiri ditinggal di TKP,” ungkapnya.

 

Berdasarkan motor Xrider yang ditemui di TKP, pihak kepolisian pun menduga pelakunya adalah pemilik motor tersebut. Dan dari penyelidikan yang dilakukan, diketahui pemilik asli kendaraan tersebut atas nama Sulianto.

 

“Saat kami cari pemilik motor ini, yang bersangkutan mengatakan motor itu dipinjam oleh temannya dengan alasan mencari pekerjaan,” ujarnya.

 

Berbekal informasi tersebut, Polsek Payangan pun tidak membutuhkan waktu lama untuk menggelandang Dedik ke jeruji besi. “Besoknya, pelaku langsung kami amankan. Saat itu dia sedang berada di Sanur, training jadi penjual bakso,” pungkas Kapolsek. (ina/kb)