BirokrasiGianyar

THR Tak Kunjung Cair, ASN ‘Pakrimik’

    GIANYAR, Kilasbali.com – ASN di Pemkab Gianyar hingga kini belum kebagian Tunjang Hari Raya (THR). Kondisi ini membuat sejumlah pegawai mulai ‘’pakrimik”.

    Meski di pemerintahan daerah lainnya sudah cair, ASN di Gianyar hanya tunjangan kejahteraan yang sudah cair, namun belum merata di seluruh instansi.

    Salah seorang pegawai golongan rendah yang namanya enggan disebutkan mengaku jika dirinya sangat iri dengan adiknya yang juga seorang PNS di Pemkab Badung.

    Meski di Badung disebutkan ada pemangkasan penghasilan tambahan, namun THR sudah cair sebelum Lebaran. Sementara dirinya di Gianyar, jangankan THR, tukes saja disebutkan belum diterima.

    Baca Juga:  Kontraktor Lift Maut Ayu Terraresort Divonis 1,6 Tahun Penjara

    “Dari informasi yang saya terima, beberapa instansi sudah menerima tukes. Ini sedikit melegakan, karena di instansi yang lain pasti akan segera cair juga,” ungkapnya.

    Disebutkan pula jika THR yang diterima biasanya satu kali gaji.

    Namun dari sejumlah sumber, ASN di Pemkab Gianyar rupanya tidak semua mengeluhkan keterlambatan pencairan THR itu. Dimana ASN yang yang memiliki Jabatan menilai  jika pimpinan di Pemkab Gianyar sudah sangat memperhatikan pegawainya.

    Baca Juga:  Pelebon Agung Jadi Atraksi Budaya Spekatkuler di Ubud – Gianyar 

    Dimana selain gaji, ASN di Pemkab Gianyar masih tetap menerima tunjangan kesejahteraan yang bersumber dari APBD di tengah krisis ekonomi.

    Perbedaan persepsi ini cukup beralasan, Sebab nilai tukes yang diterima per golongan berbeda jauh. Dimana untuk pegawai golongan satu dan dua nilainya di bawah Rp 2 juta. Sementara untuk golongan di atasnya, seperti golongan 4a sekitar Rp 4 juta lebih.

    Apalagi  ASN yang menjabat kepala bagian, tukes yang diterimanya mencapai belasan juta dan untuk sekelas kepala dinas mencapai puluhan juta. Karena hal tersebut, pegawai-pegawai golongan rendah lebih mengharapkan THR diprioritaskan.

    Baca Juga:  Begini Penampilam Gong Kebyar Duta PKB Kabupaten Gianyar

    Secera terpisah, Sekda Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya meminta semua ASN bersabar. Terkait pencairan THR, saat ini pihaknya masih melengkapi administrasi. Ditegaskan jika, kelengkapan administrasinya sedang  diproses.

    “Anggaran yang turun dari pusat ini, tidak serta merta bisa dicairkan. Namun ada proses admistrasinya. Yang Jelas, kami sedang berusaha agar THR bias cair hari ini,” jelasnya singkat. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi