DenpasarEkonomi BisnisSeni BudayaSosial

Revitalisasi Pasar Desa Tegal Harum

DENPASAR, Kilasbali.com – Pemerintah Kota Denpasar kembali merevitalisasi salah satu pasar rakyat yakni Pasar Desa Tegal Harum.

Proyek pembangunan pasar ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara di Pasar setempat, Kamis (28/7/2022).

Jaya Negara mengatakan saat ini pasar tradisional masih menjadi sektor penting dalam menggerakkan perekonomian di kota Denpasar.

Menurutnya, revitalisasi pasar yang ada di Kota Denpasar penting untuk memaksimalkan pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Dengan adanya revitalisasi pasar tentu akan membuat kepercayaan masyarakat akan pasar rakyat meningkat dan tentunya akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan pasar dan ekonomi kerakyatan kedepannya,” kata Jaya Negara.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari mengatakan, tujuan dari revitalisasi pasar ini yakni guna menata pasar agar lebih representatif menuju pasar yang bersih, ramah, aman, segar dan terpercaya.

Baca Juga:  Sambangi Difabel, Polwan Polres Gianyar Bagikan Bansos

“Bangunan Pasar Desa Tegal Harum yang direvitalisasi ini rencanannya akan menampung sebanyak 173 pedagang yang terdiri dari 135 los dan 38 kios,” sebutnya.

Pihaknya telah melakukan pelaksanaan pembangunan fisik dilaksanakan dari tanggal 13 Juli sampai Desember 2022 mendatang.

Dana pembangunan ini menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Pusat dengan Dana Tugas Pembantuan (TP) sebesar Rp. 2,2 miliar lebih.

Baca Juga:  Bali Tetap Pulau Terfavorit

Perbekel Desa Tegal Harum, Komang Adi Widiantara mengatakan persiapan revitalisasi pasar ini sudah dilakukan sejak 25 Maret 2021 lalu.

Revitalisasi dilakukan pada 1 Juli 2022 diawali dengan pembongkaran pasar. Sementara pengerjaan fisik dilakukan mulai dari 13 Juli hingga Desember 2022 mendatang.

Sedangkan relokasi 170 pedagang Pasar Desa Tegal Harum sudah menempati lokasi di lapangan basket di Jalan Gunung Rinjani, Denpasar Barat.

Baca Juga:  ‘Nungkalik’, Kitapoleng Bali Bakal Pentas di Museum Nasional Yogyakarta

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar yang selalu mensupport kami mulai dari relokasi hingga revitalisasi pasar. Harapan kami semoga dilancarkan hingga pedagang kembali ke pasar yang telah direvitalisasi dengan semangat memajukan pasar rakyat di Kota Denpasar yang lebih maju,” ujar Komang Adi.(sgt/kb)

Berita Terkait

Back to top button