Seni BudayaSosialTokoh

Parade Berkebaya Bersama Ibu Negara

Hari Batik Nasional

SOLO, Kilasbali.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali yang juga sekaligus menjabat sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Bali Putri Koster mengikuti Parade Berkebaya Bersama Ibu Negara serangkaian peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober di Jalan Slamet Riyadi Surakarta, Minggu 2 Oktober 2022 .

Putri Koster yang tampil anggun dalam balutan kebaya brokat berwarna cream dan kamen batik, berbaur bersama sekitar 3000 perempuan dari seluruh Indonesia berjalan kaki dari lokasi start dari depan Loji Gandrung, dan finish di Ndalem Wuryaningratan (House of Danar Hadi) di Jalan Slamet Riyadi.

Ibu Negara Iriana Jokowi menyampaikan, saat ini batik telah menjadi gaya berbusana masyarakat Indonesia, terutama di kalangan perempuan. Bahkan tidak hanya busana, ada juga batik yang dibuat tas, dan sebagainya.

Baca Juga:  Bali Siap Jadi Etalase Produk Kekayaan Intelektual Komunal Indonesia

“Kepada para perempuan Indonesia, pesinden, perawit, bakul jamu, pembatik yang selalu mengenakan kain dalam bekerja dan melakukan kegiatan sehari-hari, semoga kesetiaan pada kain dan kebaya, akan menginspirasi kaum perempuan dan generasi muda Indonesia, untuk bangga mengenakan kain kebaya sebagai citra perempuan. Saya sampaikan selamat Hari Batik Nasional,” imbuh Ibu Iriana.

Acara yang diprakarsai oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo ini turut dihadiri istri Wapres, Wury Ma’ruf Amin, Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju, Ketua Dekranasda dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi se-Indonesia beserta jajarannya.

Tujuan kegiatan ini digelar selain memperingati Hari Batik Nasional, parade kebaya merupakan bagian dari gerakan kebaya goes to UNESCO. Acara itu diadakan dengan tujuan mendukung penetapan Hari Kebaya Nasional sekaligus penetapan kebaya sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Baca Juga:  Tim Taekwondo Badung Sapu Bersih Belasan Medali Emas

Kegiatan yang berlangsung dari siang hingga sore hari ini juga diisi dengan panggung hiburan, menari bersama, tarian batik, dan bazaar UMKM. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button