Ekonomi BisnisSeni Budaya

Gubernur Koster Kunjungi Christian Dior

    DENPASAR, Kilasbali.com – Di sela acara mengikuti rangkaian kegiatan Ground Water Summit 2022 di UNESCO Paris, Gubernur Bali, Wayan Koster mengunjungi dan melakukan pertemuan dengan Manajemen Rumah Mode Christian Dior, Paris, Senin (5/12).

    Dalam pertemuan yang difasilitasi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Prancis, serta Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO, Mohamad Oemar, Gubernur Koster didampingi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Koster dan Ketua Harian Dekranasda Provinsi Bali, Wayan Jarta.

    Gubernur Koster dan rombongan diterima di Galery Christian Dior di Paris, yang berlokasi di 30 Avenue Montaigne, Paris. Rombongan diterima Manajemen di Rumah Mode Christian Dior yaitu: Emmanuelle Favre (SVP Human Resources, Excom Member), Marie Champey (General Counsel), Anne-Valérie Narcy (Women Business Unit Director), dan Isabelle Faggianelli (VP Corporate Social Responsibility). Pertemuan dilaksanakan untuk menindaklanjuti Kerjasama (MoU) antara Pemerintah Provinsi Bali dan Rumah Mode Christian Dior, yang ditandatangani secara virtual sebelumnya.

    Pada pertemuan tersebut, Gubernur mempertegas kembali kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dalam melaksanakan Kerjasama dengan Rumah Mode Christian Dior. Koster menyampaikan terima kasih karena Christian Dior telah memakai Endek Bali sebagai salah satu brand produk tahun 2021 untuk koleksi busana musim semi dan musim panas, sehingga Endek Bali semakin diminati masyarakat Bali dan masyarakat Indonesia.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Dukung 'Digrebek Banjar Festival Sing Main Main'

    Namun tindak lanjut kerjasama baru dapat direalisasikan saat ini, tertunda karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir semua negara di dunia. Koster mengungkapkan, setelah melalui perjuangan yang panjang, kini pihaknya juga telah berhasil memperoleh Sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal Ekspresi Budaya Tradisional dari Kementerian Hukum dan HAM RI untuk kain tenun Endek Bali.

    Baca Juga:  PLTS Tahap 1 Kapasitas 10 MW Sukses Dioperasikan, PLN Tunjukkan IKN Dilayani Energi Bersih

    Bahkan, demi memantapkan usaha pelestarian akan kekayaan warisan leluhur tersebut, dia telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali bagi para pegawai pemerintah dan swasta untuk menggunakan busana berbahan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tradisional Lokal Bali pada setiap hari Selasa.

    Menurut Koster, selain melestarikan kekayaan warisan leluhur Bali, dengan dikeluarkannya kebijakan tersebut, terbukti telah mampu mengangkat dan menggairahkan para perajin Endek dan pelaku IKM/UMKM, sehingga berdampak langsung pada meningkatnya perekonomian rakyat, serta kesejahteraan rakyat pascapandemi Covid-19.

    Baca Juga:  ‘Megibung’, AMP NKRI Sambut Hari Raya Galungan dan Kuningan

    Koster, secara khusus mengundang Manajemen Rumah Mode Christian Dior berkunjung ke Bali pada tahun 2023, dan mengundang para pelaku usaha IKM/UMKM ke Paris untuk mendapat pelatihan dari Rumah Mode Christian Dior.

    Koster berharap agar Rumah Mode Christian Dior menggunakan kain tenun Endek dengan tetap menjaga sebagai warisan budaya, sehingga taksu dan kreativitas Endek Bali bisa dirasakan oleh masyarakat dunia.

    “Dengan langkah kerjasama ini, saya berharap Endek Bali semakin dikenal oleh masyarakat dunia, memotivasi para IKM/UMKM Bali sehingga bisa berdampak bagi kesejahteraan perajin dan masyarakat Bali dengan tetap mempertahankannya sebagai warisan budaya,” harap Koster. (jus/kb)

    Back to top button