GianyarPemerintahanPendidikan

Batasi Gadget dengan Gemar Membaca

    GIANYAR, Kilasbali.com -Anak-anak kini cenderung dimanjakan dan bermain game jauh lebih menarik daripada membaca buku. Membatasi ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusar) Gianyar menggelar lomba Gemar Membaca di Perpustakaan Daerah Nawaksara milik Pemkab Gianyar, Selasa (28/3). Dengan lomba ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca di kalangan siswa dan masyarakat.

    Plt Kadis Pusar Gianyar Ida Ayu Putu Eka Susanti mengungkapkan, lomba ini merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Gianyar yang ke-252 Tahun 2023. “Melalui lomba ini kami berharap dapat  meningkatkan minat baca daripada pelajar atau siswa/siswi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya,” harapnya

    Baca Juga:  Bupati Sanjaya Resmikan Jembatan Geluntung - SP Uma Bali 'Yeh Kajang'

    Dijelaskan, lomba kali ini, peserta diminta merangkum sebuah buku dalam bentuk tulisan di kertas double folio. Pustaka atau buku yang digunakan ialah buku-buku yang ada di Perpustakaan Nawaksara. “Jadi para peserta dibebaskan memilih buku tentang cerita anak-anak yang ada di Perpustakaan Nawaksara,” terangnya.

    Mengenai jumlah peserta, dibatasi dengan waktu merangkum selama 90 menit dengan minimal tulisan 2 halaman double folio. Lomba tersebut, menurut Eka Susanti untuk membiasakan siswa agar lebih sering membaca buku ketimbang bermain medsos.

    Baca Juga:  Gas Elpiji 3 Kilogram di Tabanan Langka dan Harganya Naik

    “Era sekarang kan kebanyakan anak-anak lebih sering bermain gadget, jadi ini merupakan program kita untuk mengupayakan agar anak-anak terbiasa untuk membaca buku dan mampu memahami isi buku,” jelasnya.

    Setidaknya 70 siswa/siswi perwakilan dari masing-masing kecamatan beradu saling menunjukkan kemampuannya dalam memahami isi sebuah buku dan menuangkannya dalam bentuk tulisan.

    “Peserta lomba kami batasi, dimana setiap kecamatan hanya boleh mengirim 10 orang siswa atau siswi untuk berlomba. Dan selebihnya akan kita jadwalkan lagi untuk lomba berikutnya,” pungkasnya. (in/kb)

    Baca Juga:  Pemkab Badung Kandidat Paritrana Award 2024

     

    Back to top button