DenpasarTokoh

Cok Ace Sambangi PMI Bali di Polandia

    DENPASAR, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati (Cok Ace) menyambangi warga Bali yang bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Polandia, Sabtu (5/8).

    Cok Ace didampingi oleh Dubes RI untuk Polandia Anita Lidya Luhulima bertemu dengan lima orang pekerja Spa/Terapis asal Bali. Mereka bekerja sebagai terapis di Bali Hai Spa Dolina Charlotty di daerah Gdansk, Polandia. Sementara asal kelimanya beragam yaitu Klungkung, Buleleng hingga Tabanan.

    Para pekerja migran asal Bali tersebut tak ayal menuturkan keluh kesahnya. Mulai dari rasa kangen dengan keluarga dan tanah kelahiran hingga kendala administrasi yang harus dilakukan seperti perpanjangan paspor dan lainnya.

    Mereka juga meminta agar dilakukan pendataan terhadap PMI khususnya yang bekerja sebagai terapis Spa, sehingga ketika terdapat permasalahan dapat segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Pemerintah Provinsi.

    Baca Juga:  Lenny Hartono Persembahkan Konsep Fashion Show Teatrikal “The Enchanted Magic“

    Disamping pekerja spa/terapis, Cok Ace juga menemui pekerja bangunan asli Bali yang sedang bekerja membuat Gapura Bangunan Arsitektur Bali. Wagub Cok Ace berpesan kepada PMI Bali agar selalu ingat akan jati diri masyarakat Bali.

    “Harus dapat membawa konsep-konsep yang diwariskan oleh para leluhur dalam bekerja. Selain itu agar dalam bekerja juga harus seimbang dan sinkron antara perkataan, perbuatan dan pikiran sehingga akan selaras dalam bekerja,” harap Cok Ace.

    Sementara itu, Cok Ace juga meminta agar PMI dapat lebih memahami aturan ketenagakerjaan Indonesia dan terdaftar di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Bali sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pemerintah dapat membantu mencarikan solusi terbaik.

    Baca Juga:  Posyandu Intervensi Serentak Cegah Stunting Denpasar, Begini Penjelasan Jaya Negara

    Di sisi lain, Dubes RI untuk Polandia, Anita Lidya Luhulima menyampaikan bahwa jumlah PMI asal Bali yang melapor secara resmi kurang lebih mencapai 232 orang pekerja sementara Disnaker Bali mencatat bahwa jumlah PMI Bali di Polandia mencapai 377 orang yang tersebar di berbagai sektor pekerjaan. (jus/kb)

    Back to top button